Thursday, December 22, 2022

PART 3 - Catatan Kehamilan Menaikkan Berat Badan Janin (33-34w)

Kontrol Kehamilan 33-34w



Kontrol hamil kali ini saya dan suami memutuskan untuk mengganti dokter kandungan dan ganti klinik juga. Alasannya dokter yang biasa kontrol jadwalnya tidak cocok terus dan saya mau coba cari second opinion juga. 

Ternyata keputusan ganti dokter dan klinik sangat tepat. Alat USG di klinik yang baru lebih canggih dengan harga kontrol yang relatif sama. Alat usg yang baru ini bisa mendeteksi aliran darah ke janin. Alhamdulillah ternyata aliran darah ke janin normal dan bagus, berarti tidak ada sumbatan. 

Hasil kontrol kandungan :

- Posisi kepala konsisten di bawah

- Ketuban cukup

- Tidak ada lagi lilitan tali pusar (alhamdulillah)

- Detak jantung janin normal

- Berat Badan Janin 1869gram (naik 315 gram) 

- Berat badan ibu 74.5 (naik 1.5kg)

Alhamdulillah ya Allah :)

Berat Badan Janin Kurang

Berat badan janin menurut dokter memang masih kurang, biasanya usia kandungan 8 bulan sudah 2kg. Tapi penyampaian dokter baru lebih menenangkan dan kasih apresiasi, untuk dua minggu naik 300an gram sudah bagus kok. Janin tumbuh dan masih ada waktu untuk kejar bbjnya :")

Mendengar perkataan dokter, saya dan suami pun lebih tenang. Dokter mengevaluasi asupan makanan selama dua minggu kebelakang dan dokter menyampaikan bahwa saya kurang makan/minuman manis. Asupan protein bagus, tapi glukosa dan karbohidrat juga sangat diperlukan untuk janin tumbuh. 

Saya memang jarang sekali makan/minuman manis khawatir berlebihan dan diabetes seperti yang ditulis di artikel-artikel. Selain itu dokter juga menyampaikan, "Coba jangan stress dan dinikmati makannya ya Bu!"

Huhuuu seperti bisa membaca apa yang ada di pikiran saya. Dua minggu ke belakang terlalu memikirkan bbj dan mau makan pun jadi banyak mikir :(

Angka Kecukupan Gizi Ibu Hamil

Setelah pulang kontrol akhirnya hati lebih tenang. Saya pun mengajak suami dan anak-anak makan malam di luar saja, makan yang nikmat tanpa perlu ada rasa tertekan. 

Saya juga coba sharing dengan ibu-ibu lain cara untuk meningkatkan bbj dengan cepat. Ada hal yang menarik ketika sharing dengan seorang teteh ITBMH, dia memperlihatkan panduan AKG Ibu hamil. Wow jujur saya ga pernah terpikir sebelumnya. Setelah baca panduan dari kemenkes dan coba hitung asupan makanan sehari-hari, ternyata memang asupan makanan yang saya makan masih kurang. Pantas dokter menyarankan tambah nasi+makanan/minuman manis karena kalorinya besar sehingga bisa mencukupi kebutuhan kalori ibu hamil.

Evaluasi Asupan Makanan

Berikut asupan makanan selama dua minggu ke depan. Untuk protein banyak tetap dipertahankan, nasi porsi normal dan banyak cemilan makan/minuman manis. 

- Makan nasi + sayur+ lauk 3x sehari porsi normal. Lauk bebas sepengennya

- Putih telur rebus 200gr/hari

- Susu peptisol 1x sehari

- susu prenagen hamil 2x sehari

- alpukat/buah lainnya

- es krim walls tinggi kalori 1x sehari cornetto

- cemilan yang manis-manis kue/cake/coklat

- vitamin aspilet 1x sehari

- minum min 2L

Hasilnya seperti apa? Masih belum tahu karena masih menunggu waktu kontrol pekan depan. Tapi semoga pola makan ini berhasil ya, setidaknya janin naik 600gram dalam 2 minggu. Aamiin. 

Misalkan hasilnya belum memenuhi harapan, insya Allah saya ikhlas. Setidaknya adek janin tetap tumbuh dan ibu insya Allah sudah mengusahan yang terbaik. 

Sehat selalu debun :*

0 comments:

Post a Comment