Tuesday, February 14, 2023

, ,

Suamiku dan Buku Professor Rhenald Kasali

Saya Ikut Tantangan Blogging MGN 2023


Kalau ditanya soal buku, saya itu bukan pecinta buku, berbeda dengan suami. Di tahun 2019, suami mulai rutin membaca buku setiap hari. Saat itu suami juga mengajak saya untuk rutin membaca buku, kata suami "Gak berat kan kalau baca satu halaman tiap hari?" hehe.

Suami adalah motivator utama saya dan anak-anak mulai rutin membaca buku. Suami juga sering menuliskan review buku yang dia baca di blog pribadinya. Suamiku panutanku :)

Dalam memenuhi Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan Februari 2023, kali ini saya mau sharing salah satu buku yang berpengaruh bagi bisnis dan suami saya. 

Buku dan Bisnis 


Seringkali suami bilang ke saya kalau para pebisnis hebat itu pasti baca buku, jadi kalau mau jadi pebisnis hebat harus mau baca buku. 

Baca buku apa? Ya macem-macem tergantung ilmu yang dibutuhkan. Bisa marketing, finance, produksi, dll. Kalau bingung, kata suami, bisa baca buku self-help. Baca buku self-help bisa meningkatkan produktivitas yang sangat dibutuhkan oleh pebisnis. 

Buku Prof. Rhenald Kasali


Hampir semua buku Prof. Rhenald Kasali sudah dibaca oleh suami. Siapa sih yang tidak tahu Prof. Rhenald Kasali? 

Prof. Rhenald Kasali adalah seorang akademisi, Guru Besar Universitas Indonesia, komisaris di beberapa perusahaan besar, dan juga praktisi bisnis. Bahkan beliau dijuluki Professor Manajemen, Professor Bisnis nomor satu di Indonesia. Beliau juga produktif menulis buku tentang bisnis jadi wajib banget para pebisnis baca buku Prof. Rhenald Kasali. 

Ilmu, pemikiran, dan pengalaman Prof. Rhenald Kasali yang dituangkan menjadi buku sangat relevan dengan situasi yang suami alami dalam berbisnis. Pastinya bermanfaat menambah ilmu dan apa saja yang harus dilakukan dalam bisnis. Gaya bahasa dan penulisannya juga enak dibaca. Diawali dengan membaca buku-buku Prof. Rhenald Kasali, akhirnya suami menjadikan Prof. Rhenald Kasali sebagai salah satu panutannya. 

Berikut adalah buku-buku Prof. Rhenald Kasali yang sudah dibaca dan direview oleh suami di blog pribadinya. Bisa diklik langsung untuk baca reviewnya ya :)


Buku Disruption Rhenald Kasali

Dari beberapa judul buku yang dibaca, suami bilang buku Disruption setidaknya wajib dibaca para pebisnis. Buku ini menjelaskan proses distrupsi dalam bisnis.

Sebagai contoh kasus Gojek vs Blue Bird pada tahun 2016. Perusahaan besar dan lama (incumbent),contohnya Blue Bird, dapat terdistrupsi oleh pendatang baru, Gojek, yang bisa memberikan pelayanan yang kurang lebih sama, dan harga yang lebih murah. Lebih murah menjadi salah satu poin penting. 

Jumpa dengan Prof. Rhenald Kasali


Bulan Maret 2022, Prof. Rhenald Kasali membuka kesempatan subscribersnya untuk ngobrol santai offline dengan beliau. Suami termasuk salah satu dari 20an orang yang berhasil mendaftar event ini. 

Lokasi acaranya di Rumah Perubahan, Bekasi, sedangkan domisili kami di Bandung. Memang seniat itu untuk bisa berjumpa dengan Prof. Rhenald Kasali hehe. 

Suami dan Prof. Rhenald Kasali

Mendirikan Rumah Perubahan adalah salah satu bukti nyata kecintaan Prof. Rhenald Kasali terhadap bisnis. Diawali dengan komunitas tani organik, Rumah Perubahan saat ini telah menjadi wadah social entrepreneurship. Beragam bahan pangan yang dihasilkan disana seperti bahan pangan organik, tempe dan komoditas ikan seperti lele, patin, bawal, dan gurame. 

Rumah Perubahan juga sering disebutkan di dalam buku Prof. Rhenald Kasali. Rumah Perubahan kini memiliki 100 orang karyawan dan memiliki beragam komunitas di dalamnya. Di dalam Rumah Perubahan ini sangat asri, ada banyak pohon, kolam renang, sawah, kolam ikan, hutan mini dan banyak hewan.

Diawali membaca buku, berjumpa, dan melihat langsung bisnis yang dikelola membuat suami semakin kagum pada beliau. Suami juga bercita-cita membuat tempat yang sama seperti "Rumah Perubahan" yang dinamai "Syariah Tower." 

Semoga apa yang dicita-citakan ayah tercapai yaa. Cita-cita untuk menggapai berkah di dunia dan amal jariyah di akhirat. Ibu dan anak-anak akan selalu mendukung ayah! :)

"Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu."
-Andrea Hirata







10 comments:

  1. Wah ... suami keren ini teh Yuli.
    Bacaannya dan reviewnya juga lengkap ...

    salam semangat

    ReplyDelete
  2. Wow, luar biasa.
    Salu banget sudah baca semua buku Rheald Kasali.
    Btw, review bukunya itu pun keren. Insyaallah akan mampir baca deh.

    ReplyDelete
  3. Rumah Perubahan deket rumahku nih teeeh, pas kesana pas weekend market juga ada Beliaunya jd bs lihat dari dekat hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah rame teh weekend marketnya? keren yaa masya Allah

      Delete
  4. "Suamiku panutanku.." eaaa eaaa ohh so swiiiit sekali Mamah Yuli ehehehe.

    Aamiin aamiin ya Rabb, semoga harapan mulia beliau tercapai, Mamah Yuli. :)

    Bapak Rhenald Kasali memang panutan dalam dunia bisnis. Semoga makin sukses bisnis Mamah Yuli dan suami. :)

    ReplyDelete
  5. Ah... seneng banget bisa ngobrol offline dengan Prof. Rhenald Kasali. Aku juga ngefans sama beliau. Cuma memang belum sanggup baca bukunya yang berat-berat. Paling bisa menikmati youtubenya di Rumah Perubahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa suami happy banget jumpa Prof Rhenald Kasali. Tos tehh, saya juga suka nonton Youtubenya lebih mudah dipahami wkwkwk

      Delete