Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Rabu, 18 Desember 2019

Pengalaman Sakit TB Paru pada Anak


Bismillah kali ini mau sharing cerita soal anak-anak saya yang terkena penyakit TB Paru.



Hasil Ronsen Positif TB Paru


Bulan Agustus 2019 qadarullah adek Huda (10 bulan) harus dirawat inap di RS karena sakit asma akut. Saat itu adek disuruh ronsen dada dan saat hasil ronsen keluar diketahui kalau ade terkena TB Paru.

Setelah keluar dari RS, saya konsultasi dengan dokter kira-kira apa penyebab ade bisa terkena penyakit TB Paru. Jadi penyakit TB adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Tubercolosis. Bakteri ini biasanya menyerang paru-paru, namun tidak jarang pula bakteri dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya. Untuk mengetahui penyebab penyakit TB ada beberapa hal yang dokter tanyakan kepada saya :


1. Apa di keluarga ada yang terkena penyakit TB Paru dewasa aktif dan menular?

2. Tanda klinis anak (Apakah anak sering batuk-batuk lama 3 minggu lebih, berat badan anak tidak naik beberapa bulan berturut-turut, anak lesu tidak aktif dll)


Jika dilihat dari klinis anak, adek tidak pernah batuk-batuk lama, tidak lesu dan selalu aktif. Di rumah juga tidak ada yang menderita TB aktif dan menular. Tapi keluarga kakak  qadarullah terkena penyakit TB, tertular dari pengasuhnya, saat itu masih dalam pengobatan rutin. Untuk pertumbuhan adek memang agak terhambat. Jadi semenjak usia 6 -10 bulan kenaikan berat badan adek/bulan memang dikit di bawah standar kenaikan. Tapi karena BBnya masih di kurva hijau saya gak begitu khawatir, mungkin adaptasi MPASI pikir saya. 

Karena TB ini menular, akhirnya dokter juga menyarankan agar si abang (2 tahun) dironsen juga untuk memastikan abang terkena TB atau tidak. Saya menuruti saran dokter, abang dironsen dan qadarullah ternyata paru2ny ada flek sehingga abang juga terindikasi terkena TB :((

Abang juga ga ada batuk-batuk dan lesu. Untuk pertumbuhan BB abang memang ga bagus sih. Abang susah makan, picky, kalau sakit suka agak lama sembuhnya, BB pernah gak naik beberapa bulan dan ada benjolan kecil di bagian leher.

Tes Mantouk Positif TB paru


Untuk memastikan penyakit TB, dokter akhirnya menyarankan agar anak-anak tes Mantouk. 
  • Tes Mantoux atau tuberculin skin test (TST) adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui adanya paparan kuman TB pada tubuh. 
  • Dilakukan  dengan cara menyuntikkan larutan tuberkulin (protein kuman TB) di bawah kulit 
  • Setelah proses penyuntikan, biasanya akan didiamkan hingga 48-72 jam untuk memperoleh hasilnya.
  • Jika pada bekas suntikan muncul benjolan kurang lebih 10mm, maka hasil tes bisa dikatakan positif menderita TB.
Benjolan yang muncul setelah disuntik protein kuman TB (sumber google)

Setelah disuntik siang-siang, sorenya langsung keluar benjolan di tangan adek dan abang. Benjolan adek diukur 12mm, benjolan di tangan abang setelah diukur 1cm dan mereka berdua  dinyatakan  positif TB :(

Biaya untuk ronsen dan tes mantouk di RS sekitar 300-400rb/ orang.

Penularan Penyakit TB


Karena anak-anak dinyatakan positif TB, maka dokter anak menyarankan saya dan keluarga terdekat untuk ronsen juga khawatir jika saya dan keluarga terdekat terkena TB. Akhirnya saya, suami, pengasuh dan nenek kakek juga melakukan tes ronsen dan alhamdulillah tidak ada yang terkena TB.

Penyakit TB ini ditularkan melalui udara bukan kontak permukaan. Ketika penderita TB paru aktif batuk, bersin atau bernyanyi, bakteri akan terbawa keluar dari paru-paru menuju udara. Seseorang dapat tertular TB jika menghirup bakteri tersebut. TB biasanya tidak ditularkan dengan kontak singkat, maka dari itu saat seseorang terkena TB, penghuni rumah yang kontak erat dengan pasien harus dironsen juga karena khawatir tertular.


Penyebaran bakteri TB

Hal ini juga yang menyebabkan jika orang dewasa terkena penyakit TB wajib menggunakan masker agar tidak menularkan ke orang lain. 

Menurut dokter, anak-anak di bawah usia 9 tahun yang terkena penyakit TB juga tidak akan menularkan bakteri ke yang lain. Penjelasan ini cukup menenangkan saya, karena anak-anak akan tetap bisa bermain bebas dengan teman sebayanya. 




Mulai Pengobatan 



Pengobatan TB ini dilakukan secara rutin setiap hari selama 6 bulan. Pengobatan ini dibagi menjadi 2 tahap :

1. Tahap Intensif (2 bulan)
  • Tahap intensif ini bertujuan agar bakteri pada sel inti mati, sehingga pengidap TB tidak menularkan bakteri ke orang lain. Pengobatan intensif ini memang ampuh untuk mematikan bakteri TB. Tapi ada beberapa bakteri yang masih "tertidur" dan sudah kebal obat sehingga butuh pengobatan lebih lanjut ke Tahap Lanjutan.
  • Pada fase ini anak-anak diberikan obat isoniazid (INH), rifampisin (RIF), pirazinamid (PZA) dalam bentuk serbuk, juga diberikan vitamin Curvit karena obat TB memberikan efek ke lambung. Biaya untuk obat kurang lebih 75rb (3 obat utama) untuk 1 bulan.
  • Sebenernya untuk pengobatan TB ini gratis di Puskesmas karena program pemerintah, tapi obat yang diberikan pemerintah bentuknya tablet. Jujur saya agak kesusahan ngasihnya kalau tablet karena anak-anak masih bayi dan batita, kalau digerus setiap hari juga cape jadi saya putuskan berobat ke dokter anak swasta aja sehingga yang didapat obat serbuk sekalian kontrol perkembangannya.
2. Tahap Lanjutan (4 bulan)
  • Tahap lanjutan ini bertujuan untuk menyingkirkan bakteri yang masih "tertidur" dan bakteri yang resisten (kebal) sehingga bakteri tidak muncul lagi.
  • Pada fase ini anak-anak hanya diberikan 2 obat isoniazid (INH), rifampisin (RIF) dan vitamin Curvit. Dosisnya pun berbeda dari yang diberikan 2 bulan awal. Biaya untuk obat kurang lebih 50rb (2 obat utama) untuk 1 bulan.

Suka Duka


Saat artikel ini ditulis alhamdulillaah anak-anak telah menjalani pengobatan selama 4 bulan. Di bulan pertama merupakan fase yang berat karena anak-anak dipaksa harus minum obat dan itu susahnya minta ampun. Menjaga konsistensi ngasih obat setiap pagi juga masih berat untuk saya, kesabaran saya benar-benar diuji kala itu. Jika mau pergi menginap di tempat lain obat juga harus selalu dibawa karena tidak boleh terlewat satu hari pun.

Setelah 1-2 bulan alhamdulillah anak-anak mulai terbiasa minum obat walaupun masih harus dipaksa tapi tidak seperti dulu sampai nangis2. Efek obat juga sudah mulai terasa. Daya tahan tubuh anak cukup baik dan nafsu makan anak bertambah. Sehingga dalam 2 bulan pertama abang dan adek naik berat badan sampai 1 kg. Alhamdulillah 


Hal-hal yang Harus Diperhatikan 


  • Jika anak-anak ternyata positif TB, maka orang tua harus tetap tenang. Ikuti alur prosedur pemeriksanaan dan pengobatan secara ikhlas dan sabar, insya Allah anak kita akan sembuh total.
  • Urin anak-anak akan berubah jadi merah/orange saat konsumsi obat, itu hal yang wajar.
  • KONSISTENSI dalam pemberian obat itu sangat penting. Jika terlewat berhari2 maka bisa jadi pengobatan sudah tidak efektif dan waktu pengobatan malah jadi lebih lama lagi 
  • Menurut dokter nanti akhir bulan ke 6, anak-anak tidak perlu dironsen lagi untuk menyatakan bahwa bakterinya hilang. Kenaikan berat badan anak yang baik sudah menunjukkan bahwa obat bereaksi dengan baik dan bakteri Tb sudah mati. Bismillah

Sekian pengalaman saya tentang anak saya yang terkena penyakit TB, semoga bermanfaat :)


** UPDATE 2020-03-08**


Alhamdulillah setelah 6 bulan penuh konsumsi obat akhirnya selesai sudah pengobatan TB Paru abang dan adek. Minggu ini saya sudah kontrol lagi ke dokter dan abang adek dinyatakan sudah sembuh *sujud syukur.* Obat pun sudah habis tanpa perlu ada perpanjangan obat.

Menurut dokter selama 6 bulan perkembangan klinis abang adek cukup baik, tidak ada sakit demam yang lama (1-2 minggu), daya tahan tubuh baik, dan kenaikan berat badan juga signifikan (bisa cek gambar di bawah ini). Berarti tubuh abang adek tidak resisten terhadap obat dan pengobatannya berjalan baik. Alhamdulillah allhamdulillah. 



Sehat selalu ya sayang-sayangku :")

57 komentar:

  1. bismillah
    qodarullah anak sya jg baru dinyatakan tb paru usia 15m m. yg mau sya tnyakan ada tipsnya gk ya biar mnum obatnya gk bnyak tumpah2n krna anak banyak ngeberontak selama ini sya pakai sendok. prnah ga stelah mnum obat ga lama anak muntah, entah dimuntahin atau muntah sndiri kalo kaya gtu bunda diminum ulang lg tdk? syukron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak, semoga adek lekas sehat yaa. Saya pun pakai sendok mbak, ya gitu sama kadang muntah2 hehe. Jadinya sabar aja, di pengalaman 2 anak lama2 mereka bakal biasa dan sadar sendiri kalau waktunya minum obat. Oia kalau kemuntahin, kira2 mbak kalau muntah setengahnya lebih kata dokter sy baiknya diulang. Kalau sedikit muntahnya ga perlu diulang. Jazakillah khoir :)

      Hapus
  2. Saya curiga anak saya kena TB juga. Karena dibelakang telinga ada benjolan dan BB juga TB anak saya dibawah KMS.

    Namun untuk ke dokter konsultasi saya terhalang biaya.

    Yg ingin saya tanyakan, berapa total biaya yg bunda keluarkan dr mulai tes sampai sembuh. Dan apakah bisa menggunakan BPJS kesehatan atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa semangat Bun. Utk total biaya karena saya ke dsa 2,5-3,jt mungkin ya bun. Tapi ini saya untuk 2 anak Bun. Bisa banget bun pakai BPJS. Karena TB salah satu penyakit yang ditanggung pemerintah, untuk obatnya juga bisa gratis bun kalau pakai BPJS. Kontrolnya tiap bulan ke puskesmas jd jangan khawatir yaa, dulu saya ga pakai jalur BPJS karena kendala saat kontrol bun bentrok dengan kerja. Bismillah ya

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum bun.. afwan untuk tes mantoux bs dilakukan dimana ya bun? dan biaya tes mantoux tsb kira2 brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya di RS bunda, sekitar 300-400rb/orang. Bisa di laboratorium juga. Ada yang bilang bisa juga di puskesmas bun, harganya lebih murah. Semoga lekas sehat yaa

      Hapus
    2. Saya di RS bunda, sekitar 300-400rb/orang. Bisa di laboratorium juga. Ada yang bilang bisa juga di puskesmas bun, harganya lebih murah. Semoga lekas sehat yaa

      Hapus
  4. Hallo bunda, aku mau tanya anak ku mata nya sebelah kanan merah di ujung nya.
    Tadi pas berobat kata dokter ini takutnya dari TB paru
    Terus harus cek leb sama ronsen
    Kira2 harga ronsen sama tes mantouk berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di RS bisa sekitar 400-500bunda. Mantoux+ronsen. Kalau mau yang lbh terjangkau bisa di laboratorium gt Bun

      Hapus
  5. Assalamualaikum bun
    Anak sy sudah 5 bln bb y g naik
    Bulan ini usianya 12 m
    Apakah harus tes mantouk juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam bun. Baiknya ditanya ke dokter anak ya bunda, saya kurang paham. Semangat :)

      Hapus
  6. Assalamualaikum bun mau tanya obatnya 3macam dibuat jadi 1 serbuk kah?lalu diminum sehari sekali dipagi hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Masing-masing obat dibuat serbuk Bunda, jadi ada 3 serbuk. Dikasih ke anaknya satu-satu gitu ga dicampur. Ya betul diminum sehari sekali di pagi hari.

      Hapus
  7. Assalamualikum bun
    sangat sedih aku bacanya
    alhamdulillah juga bisa buat semangat aku dan keluarga
    anakku pun positif TB sudah jl minum obat 2 bulan
    kondisi anak sehat batuk jarang ,, yah pasbatuknya datang memang aga lama ,, contoh mlm hari

    keluh keasah pun ada ketika minum obat bun sampe sekarang masih berontak 😥 sering kesenbur kelurar,, pernah sudah masuk eh muntah ,,,, tolong bun kasih solusi kira kira gimana kasih obat biar mudah ......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Bunda. Huhu semangat Bun, rasanya saat masih pengobatan memang berat dan sedih. Tapi kalau kita ikhlas semangat insya Allah setelah selesai pengobatan legaa rasanya.

      Kalau dulu saat kasih obat selalu minta bantuan pengasuh/suami Bun. Biar anak-anaknya ada yang pegang dan saya "paksa" untuk minumobat. Kalau di saya berontaknya hanya 2 bulanan Bun, setelah itu anak-anak mulai tenang dan paham setiap pagi itu waktunya minum obat jadi lebih mudah. Untuk obatnya pun saya kasih pemanis sirplus Bun, biar gak terlalu pahit dan jangan lupa berdoa ya Bun semoga dimudahkan. Bismillah semangat :*

      Hapus
    2. Kalau di jam minum obatnya selalu dimuntahin, apa langsung diulang bun? atau nunggu berapa jam? karena kan harus sama waktunya tiap hari

      Hapus
    3. Bun Ulfatin. Kalau dimuntahin lbh dr setengahnya biasa saya ulang langsung bun. Tp kata dokter kalau dimuntahin dikit gapapa ga perlu diulang.

      Hapus
  8. Assalamu'alaikum Bun.. maaf mo tanya utk pemanis sirplus itu beliny dmn ya Bun? Dan pengobatan selama 6bln itu apakah ada efek samping PD anak (Krn pernah baca artikel bahwa obat TB ini sebetulny racun buat hati).. ketakutan sy obat ini menggangu fungsi hati atau tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Bund. Sirplus bisa dibeli bebas di apotek kok Bun. Iya bun betull kata dokter obat TB kemungkinan ada efek sampingnya ke organ hati. Jadi buat pencegahannya selama 6 bulan minum obat TB, anak2 juga dikasih vitamin curvit Bun oleh dokter. Alhamdulillah sekarang udah sehat semua ga ada efek apa2 Bun :)

      Hapus
    2. Bun maaf mau tanya... Akupun sama seperti bunda punya abang adek yg TB paru.. vitamin dr dokter nya nama nya curvit atau ada yg lain? Aku di kasih nya awal2 apyalis lanjut ke sanbe untuk penambah nafsu makan...
      Itu bisa meredam efek samping ga yaa bun? Dengan tidak mengurangi rasa sopan maaf sy boleh minta no WA nya kah bun? Kirim email ini yaaa... Salam kenal sy Nurul Tasikmalaya

      Hapus
  9. Bismillah
    Assalamualaikum
    Qadarullah anak ana juga kena tb..skrg usia 15 bulan.. udah mau seminggu minum obat..kalau ana ngasih obatnya pake pipet..soalnya klo pake sendok takut tumpah2..
    Semoga anak2 kita yg kena tb dapat diberikan kesembuhan dan untuk kita sebagai orang tua diberikan keikhlasan dan kesabaran. Aamiin Tetep semangat ya ukhti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn ya Rabb. Bismillah semiga lekas kembali sehat yaaa.

      Hapus
    2. Bun, anak saya 16 bulan juga positif TB. Seminggu pertama lancar minum obat, masuk minggu kedua tiap diminumkan selalu muntah. Kadang cuma masuk 1/2, kadang ga masuk sama sekali gara2 muntah. Sudah ditambah sirup pemanis tetap berontak anaknya bun. Anak saya kalau lihat saya pegang pipet udah langsung nangis kejer dan berontak. Gimana ya biar tidak muntah dan berontak? supaya bisa lulus minum obat 6 bulan

      Hapus
    3. Banyak doa ya bunn. Bismillah smg lancar minum obatnya. Kalau diajak main dulu gimana? Buat dia happy, nanti waktu lengah lsg minumin obat. Itu juga cukup berhasil

      Hapus
  10. Assalammualaikum, mba, setelah 6bulan pengobatan selesai, BB anak masing2 naik berapa mnba? Anakku 3thn sedang menjalani pengobatan TB juga, Alhamdulillah sudah berjalan hampir 3bulan.. semoga lancar dan sembuh seperti anak2 mba ya.. aaamiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam mbak Ririn. Masing-masing kurang lebih naik 1-2,5kg mbak. Tepatnya lupa hehe. Abangnya lebih banyak naik dibanding adenya.

      Aamiin mbak semoga lancar yaaa, sehat kembali. Bismillah semangat :)

      Hapus
  11. ponakan saya usia 10 thn dan adiknya usia 5 tahun baru mulai menjalani pengobatan tb
    untuk kakanya yg usia 10thn berobat ke puskesmas dan dikasih dosis dewasa karna berat badan 48kg,1bln lbh (oktober) minum obat tiba2 muntah2 akhirnya masuk ugd dan ditangani dokter anak..3 minggu obat distop lsg dilakukan tes mantoux hasilnya positif tb dan baru mulai awal lagi minum obat dengan dosis anak
    untuk adiknya tdk ada gejala cuma saat dites mantoux hasilnya positif dan baru 3 hari menjalani pengobatan..hari pertama mual,hari kedua mual muntah..bagaimana agar tidak mual dan muntah...mohon sarannya🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lekas sembuh untuk ponakannya ya kak. Kalau pengalaman saya memang obat TB itu pahit, mungkin efeknya jadi mual muntah. Kalau dicampur syrup pemanis gimana? Saya campur obat TB (bubuk) dengan syrup pemanis Sirplus. Alhamdulillah anak2 jadi mau karena ga terlalu pahit dan itu juga atas rekomendasi dokter. Tapi kalau gak kunjung membaik langsung cek dokter ya kak, takutnya ada yang lain.

      Hapus
  12. Aamiiin.. makasi mba utk responnya.. iya anakku juga pakai sirup pemanis obat, rekomendasi dr dokter. Karena memang pahit sekali obatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak, sama2 semoga lekas sehat :)

      Hapus
  13. Assalamualaikum bun , salam saya dri cibinong bogor untuk tes mantux susah sekli , kalo bolh tau bunda tes mantouxnya dimna yah , bolh minta no whatssapp nya bun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tes mantoux di Rumah Sakit Bunda, setau saya di rumah sakit mana aja bisa tes mantoux. Mungkin dicoba dulu Bun. Maaf banget baru balas :)

      Hapus
    2. Kalo saya dipuskesmas dekat rumah. Kebetulan puskesmas dekat rumah saya sudah ada pelayanan khusus untuk TB. Kalo pake BPJS, tes mantouxnya gratis, kalo bayar 60rb.

      Hapus
  14. Assalamualaikum bunda... salam kenal..
    saya sedang berobat tbc bun.. sya khawatir anak sya jg kena.
    selama pengobatan, anaknya ada efek smping gak bun?
    krn sya merasakan efek samping yg luar biasa saat berobat :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya bun anak saya umur 2 tahun..

      Hapus
    2. Waalaikumsalam Bunda, alhamdulillah kalau sy dan suami tidak kena TB Bun, hanya anak-anak saja.

      Kalau anak-anak ketika konsumsi obat TB alhamdulillah tidak ada efek samping bun, hanya ketika minum obat pernah dimuntahkan aja, tapi setelah itu baik-baik aja. Semoga lekas sembuh yaa :)

      Hapus
    3. maaf bu nimbrung
      klo ibu sedang dlm pengobatan tb lebih baik smntara anak dipisah apa lg tb paru yg bisa cepat menular klo dari dewasa atau anaknya dibawa ke dokter anak dan bilg ke doktr anak klo ibu sdang dlm pengobatan tb nanti biasanya dikasih obat untk pencegahan anak kena tb jg. karena saya sempat kena tb kelenjar dokter yg nangani sya bilg klo tb kelenjar tdk menular sprti tb paru tp qodarullah trnyata setelah sebulan pengobatan tb sya selesai anak sya kena tb dan wktu itu dokter anak sya bilg klo case nya sperti itu anaknya dpt obat jg untuk nghindarin penularan.

      Hapus
    4. Waaah makasih bun Milat infonya. Semoga lekas sembuh ya semuanya aamiin :*

      Hapus
  15. Assalamualaikum bun, terima kasih atas sharing yg bermanfaat sekali, bun anak sy pun dinyatakan TB di usia 2thn skr br mulai pengobatan, br hr pertama obat sudah tumpah" 😭 lalu ada yg menyarankan dicampur curvit, apa curvit ini rasanya manis dan bs dicampur langsung dgn obat bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bun kalau bermanfaat. Semangat yaa. Anak sy juga campur curvit Bun. Waktu itu saya campur aja gpp

      Hapus
  16. Makasih sharingnya ya bun..Qodarullah ini hari pertama anakku yg 2th minum obat tb bun. Ada rasa khawatir juga sih dg adanya efek samping obat, sempet berfikir beralih ke obat herbal gt, tapi takut juga, bingung sendiri jadinya bun😬. Udah gt obatnya gede2, sekali minum 2 tablet sekaligus. Kalau untuk jam nya minum obat apakah wajib bgt harus di jam yg sama bun, misal kelewat 1 jam atau sebelum nya gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percaya aja bunda dengan obat dokter. Insya Allah dokter kasih yang terbaik dan ga ada efek samping. Baiknya di jam yang sama Bun kasih obatnya. Tapi kadang saya juga mundur/maju 1 jam tp bismillah saja. Trs kalau terlalu besar obatnya bisa digerus bun jd bubuk dulu baru diminum. Syafahullah :)

      Hapus
  17. alhamdulillah ya um pengobatan abang dan ade selasai, maaf mau nanya stelah 6 bulan abang ade di screening kembali kah sperti dirotgen dan ambil darah? klo boleh tau abang dan ade kenaikan bb nya brp slma dlm pengobatan tb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada rontgen dan ambil darah lagi Bun Milat. Cukup dilihat perkembangan klinis anak dan kenaikan BB. Kalau anak saya sekitar 2-2,5 Bun selama 6 bulan :)

      Hapus
  18. Bun kira" untuk biaya pertama konsul dsa dan suntik mantuk itu biaya ny brp y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar 500rb Bun. Tapi bunda bisa ke puskesmas karena ada program TB gratis atau dengan BPJS ke faskes 1 ya Bun. Biar bisa gratis biayanya :)

      Hapus
  19. Assalamualaikum bun,, mau tanya bunda,bunda kn ambil obatnya ga kepuskesmas itu k klinik atau rmh sakit ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ke Klinik Bun. Bisa ke puskesmas gratis ya Buun. Waktu itu saya ga ke puskesmas kendala waktu Bun, karena bentok kerja hehe

      Hapus
  20. Trs itu rangkain tesnya hrs yg mna dlu ya,, ronsen dlu apa tes mantoux dlu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya ronsen dulu Bun, setelah hasil ronsen didiagnosis TB baru mantoux :)

      Hapus
  21. Maaf bun semisal posisi sudah sembuh tapi anak tetangga ada yg masih kena tb apa dilarang dekat"? Atau boleh main dekat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata dokter anak, Kalau anak tidak menularkan bun. Jadi anak-anak saya juga tetap main sama teman-temannya. Hanya sekarang dijaga aja pakai masker yaa

      Hapus
  22. Bun maaf mau tanya... Akupun sama seperti bunda punya abang adek yg TB paru.. vitamin dr dokter nya nama nya curvit atau ada yg lain? Aku di kasih nya awal2 apyalis lanjut ke sanbe untuk penambah nafsu makan...
    Itu bisa meredam efek samping ga yaa bun? Dengan tidak mengurangi rasa sopan maaf sy boleh minta no WA nya kah bun? Kirim email ini yaaa... Salam kenal sy Nurul Tasikmalaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Curvit aja Bunda. Insya Allah aman Bunda, kita percaya aja dengan dokter. Untuk komunikasi bisa via email Bun, yharatulisanah@gmail.com :) ditunggu yaa

      Hapus
  23. Salam kenal sy Nurul Tasikmalaya
    No WA sy 081221386565

    BalasHapus
  24. Bun, afwan saya mau tnya.
    Anak saya sekrng sedang pengobatan TB dan tertular oleh orng rumah. Apakah maksimal pengobatan anak saya jika masih kontak terus dengan orng yg trkena TB ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf baru balas. Sebaiknya orang yabg terkena TB juga pengobatan Bun. Karena kalau tidak pengobatan, kan masih bisa menularkan ke yang lain. Kalau maksimal/tidak afwan belum tahu Bun, tapi memang baiknya semua pengobatan yaaa biar tuntas ☺️☺️

      Hapus