Wednesday, March 8, 2023

Life Hacks Mengurus Bayi Baru Lahir Newborn

Januari 2023 alhamdulillah anak ketiga kami lahir, bayi perempuan yang kami beri nama Embun Latifa Maryam ini hadir melengkapi keluarga kecil kami. Dengan usia kakak-kakaknya yang masih kecil, anak pertama 5.5th, anak kedua 4th, mengurus bayi newborn ini sungguh menjadi tantangan tersendiri. 

>> Baca juga https://www.haratulisanah.com/2023/02/cerita-melahirkan-embun-latifa-maryam.html

Saya rasa masa pemulihan post partum anak ketiga juga paling berat dibanding anak pertama dan kedua, meskipun ketiganya sama-sama persalinan normal/pervaginam. Di masa nifas, saya beberapa kali mengalami meriang/menggigil, selain itu badan rasanya gampang capek dan lelah. Mungkin faktor usia juga, alhamdulillah kondisi tubuh berangsur pulih setelah usia bayi 1 bulan.

Nah untuk memudahkan ibu-ibu post partum, ada beberapa life hacks yang bisa dilakukan setelah bayi baru lahir. Tulisan ini juga dibuat untuk memenuhi Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog.

1. Kain Lilit


Life hacks ini saya dapatkan saat nonton video-video Tiktok. Jadi kalau bayi newborn tidak nyenyak tidurnya coba lilitkan kain dan simpan di tubuh bayi, harapannya bayi tidur lebih nenyak. 

Saya coba lilitkan kain flanel bedong dan metode ini cukup berhasil beberapa kali. Info dari seorang dokter, metode ini ternyata digunakan juga oleh para suster untuk bayi-bayi premature yang berada di NICU. Lilitan kain diibaratkan usus/tali pusar ibu sehingga bayi merasa masih dekat dengan ibu seperti dalam kandungan. Masya Allah.

Metode ini untuk bayi newborn aja ya, on model bayi 2 bulan sebagai contoh aja hihihi. 

Metode kain lilit pada bayi


2. Cloth Diaper


Meskipun rempong, saya lebih memilih menggunakan clodi untuk bayi newborn saat siang hari. Masih belum tega kalau harus pakai pospak 24 jam karena kulit bayi newborn masih sangat lembut dan khawatir iritasi. 

Seringkali insert clodi habis karena masih dicuci. Nah, penggantinya saya pakaikan popok kain sebagai insert, jadi saat bayi pipis atau pup yang diganti hanya popok kain saja. Luaran clodi masih bisa digunakan. Mantap. 


Kiri outer clodi + insert, Kanan outer clodi + popok kain



3. Baju Pergi


Siapa buibu tim setsatset? :D 

Agar bawaan baju ganti bayi tidak ribet saat bepergian, buibu bisa coba metode ini. Baju jumper digulung dan di dalamnya sudah terdapat kaos dalam, celana dan popok sekali pakai. Gulungan ini bisa dimasukkan ke tas kecil, praktis untuk bepergian. 

Lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ya. 

Life hacks baju pergi newborn


4. Pompa Galon Elektrik


Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan Kementrian Kesehatan, ibu menyusui membutuhkan cairan 3-4 liter setiap harinya. Agar terukur, sehari-hari saya minum dengan menggunakan botol literan. 

Untuk mengisi botol literan juga ternyata sangat cepat dengan pompa elektrik galon dibanding mengisi dari dispenser galon. Saat hamil anak pertama dan kedua belum ada pompa galon elektrik ini. Beneran deh pompa galon elektrik sangat memudahkan jika ingin mengisi botol literan dengan cepat. 


Pompa galon elektrik dan botol literan


5. Tummy Time

Tummy time atau latihan tengkurap pada bayi adalah salah satu stimulus yang bisa dilakukan untuk mengembangkan otot tubuh bayi. Dengan rajin tummy time juga dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar bayi. 

Berdasarkan rekomendasi American Academy of Pediatrics (AAP), tummy time bisa dilakukan semenjak bayi puput pusar loh. Tummy time bayi newborn bisa dilakukan 2-3x sehari dengan durasi 1-5 menit.

Karena lahir BBLR, baby Embun baru melakukan tummy time saat usia 1 bulan lebih. Beberapa teman mengaku dengan rajin tummy time sejak puput pusar, perkembangan motorik bayi menjadi lebih cepat. 


Tummy time bayi 2 bulan


7. Warna Kontras


Mata bayi baru lahir masih sangat berkembang. Berdasarkan penelitian, warna kontras tinggi seperti hitam, putih, merah, paling kuat tertanam di otak bayi dan membantu saraf optik tumbuh. 

Untuk menstimulasi perkembangan visual bayi, saya print gambar hitam putih dan ditempel di dinding dekat posisi tidur bayi. Harapannya bayi mudah melihat gambar saat sedang tidak tidur. 


Gambar kontras tinggi


Penutup


Demikian tujuh life hacks yang saya lakukan saat mengurus bayi baru lahir. Semoga bermanfaat ya. 



14 comments:

  1. Selamat tehh atas kelahiran anak ke-3. Semoga ananda jadi anak soleh dan berguna untuk ummat aamiin..
    Btw hack no.1 keren bgt, makasih ya teh untuk bekal anak selanjutnya insya Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin nuhun teh Patrice, iya no 1 baru tahu juga setelah anak 3 wkkw

      Delete
  2. Yuuul..ternyata lahiran toh. Selamat yaaa. Semoga sehat-sehat teruus. Life hack pertama baru denger, bener juga ya kenapa nggak kepikiran..untuk anak yang lebih gede bisa nggak ya, biar kerasanya lagi digendong.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Refleksnya udh beda mungkin anak gedean, udah beneran pengen dipeluk mamanya hihi

      Delete
  3. Boleh juga nih dicoba yang pompa elektrik untuk ngisi tempat minum yang 2 literan. Selama ini memang terasa agak repot dan berat kalau langsung dari dispenser biasa. Lumayan pegel juga pegangnya.

    ReplyDelete
  4. Waaahhh ... bayinya gumuuuzzzz teh Yuli.
    He3 ... salpok deh.

    ReplyDelete
  5. Wah selamat ya teh atas kelahirannya. Infonya juga berguna banget nih. Aku baru tahu juga soal yang kain lilit itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih teh Andina, kayanya emang baru kepublish semenjak ada tiktok *ngarang hehe

      Delete
  6. Masya Allah baby Embun Maryam Latifa, cute dan kissable sekali ehehehe. Selalu seneng lihat story Mamah Yuli di IG, pas nge-share tentang baby Embun dan kedua kakaknya.

    Life hacks-nya bermanfaat sekali untuk para Mom-to-Be. Meskipun saya sudah gak masuk kategori ini, tapi suka sekali bacanya, plus lihat foto-foto si cantik sholehah. :)

    Sehat walafiat selalu ya Mamah Yuli. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah aamiin nuhun teh Uriil, sehat-sehat juga teh Uril sekeluargaa

      Delete
  7. Barakallah ya teh atas kelahiran Embun.. 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa fiik barakallah teh Aitii, nuhun sudah berkunjungg :)

      Delete