Selasa, 07 Agustus 2018

Biaya Kontrol Kehamilan di Rumah Sakit Hermina Pasteur Bandung Tahun 2018

Assalamualaikum. Kali ini saya mau sharing biaya kontrol kehamilan di Rumah Sakit Hermina Pasteur Bandung Tahun 2018. Alhamdulillah kemarin saya dan suami baru kontrol kandungan anak kedua kami.  Pada saat kontrol kandungan anak pertama, saya kurang begitu memerhatikan soal biaya kontrol ini karena nanti bisa direimburse di kantor hehe. Nah cuma karena tahun ini sudah resign dan kontrol pakai biaya pribadi jadi harus lebih perhatian lagi soal biaya kontrol kehamilan. Untuk biaya kontrol dibagi menjadi 3 item, Konsultasi Dokter, USG, dan Obat-obatan.

Konsultasi Dokter

Untuk jadwal praktek dokter kandungan di RS Hermina biasanya pagi dan sore. Tergantung dari kesediaan waktu masing-masing dokter. Kemarin kami kontrol ke dr Indri Budiarti SpOg. Untuk jadwal dokter Indri ada pagi hari pukul 08.00-10.00 dan sore pukul 15.00-19.00 setiap senin-jumat. Jadwal praktek pagi dikhususkan hanya untuk pasien BPJS, jadi kalau mau kontrol harus ada surat rujukan dari Faskes 1 dan biasanya untuk kasu-kasus yang tidak bisa ditangani oleh Faskes 1. Kalau kontrol bulanan biasa dan tidak pakai BPJS jadwal kontrolnya sore hari. Total biaya untuk sekali konsultasi dokter spesialis Rp 283.000,00 . 

**Update 13-09-2018
Minggu lalu di Hermina Pasteur saya coba kontrol ke dr Fitria Reziane,  SpOg. Jadwal kontrolnya setiap senin-sabtu jam 08.00-10.00. Dokter Fitria masih muda,  cantik pula. Saat menjelaskan hasil USG juga cukup detail alhamdulillah. Hehe. Oia,  ternyata biaya kontrol nya lebih murah.  Untuk sekali konsultasi, biaya kontrolnya Rp 227.000,00. Jadi memang biaya kontrol itu tergantung dengan siapa dokternya. Sama-sama dokter spesialis pun tarifnya beda ternyata.
**

Biaya konsultasi untuk dokter subspesialis beda lagi. Jadi di RS Hermina juga ada dokter subspesialis, bulan lalu kami pernah kontrol ke dokter subspesialis fertilitas dr Tita Husnitawati SpOG(k)Fer total biaya sekali kontrol  Rp 337.000,00.


Cetak Hasil USG

Nah ada hal baru yang baru saya ketahui pas hamil anak kedua ini. Jadi hasil USG itu ternyata tidak perlu selalu dicetak. Dulu waktu anak pertama hasil USG selalu dicetak karena ketidaktahuan kami. Setelah diberi tahu oleh kasir RS bahwa hasil USG boleh tidak dicetak, akhirnya setiap kontrol anak kedua kami tidak cetak hasil USG. Proses ini biasanya dikenal dengan "USG Intip." Jadi nanti setiap awal kontrol tinggal minta izin saja ke dokter untuk tidak mencetak hasil USG, sebagai ganti kita minta izin untuk foto hasil USGnya saja. Suster biasanya tetap mencetak hasil USG 1x untuk keperluan rekam medik rumah sakit. Pengalaman saya di rumah sakit Hermina Pasteur ini sudah default setiap kontrol hamil langsung cetak hasil USG, jadi be smart ya bu ibu, kan lumayan banget uang hasil cetak USGnya bisa buat beli-beli keperluan bayi yang lucu-lucu.


Jika hasil USG tetap ingin dicetak biayanya adalah Rp 135.000,00. 

baca juga >> Daftar-perlengkapan-ibu-dan-bayi-baru-lahir
baca juga >>  Perlengkapan-asi-perah-ibu-menyusui


Foto hasil USG adek usia 27w :)


Obat-obatan 

Alhamdulillah setiap kontrol dengan dokter Indri, dokter membebaskan pasien membeli merk obat-obatan apa saja asal fungsinya tetap sama. Jadi misal sewaktu kontrol kita diberitahu harus sudah mulai konsumsi vitamin kalsium, untuk merk vitamin bisa apa saja dan beli dimana saja disesuaikan dengan kantong kita.  Berbeda dengan dokter kandungan sewaktu anak pertama yang langsung meresepkan vitamin-vitamin merk tertentu yang ternyata harganya juga cukup mahal karena bukan termasuk obat generik. Jadi untuk biaya obat-obatan tergantung dari dokter kandungan masing-masing yaa. Sebagai info, tempat menebus obat dokter kandungan terpisah dengan poli umum jadi lumayan cepat juga jika ingin menebus obat langsung di RS.

Sekian sharing tentang biaya kontrol kehamilan di RS Hermina Pasteur Bandung tahun 2018. Semoga bermanfaat dan semoga kehamilan bunda semua sehat lancar sampai lahiran nanti yaa. Oia untuk yang sedang program hamil, biaya kontrolnya sama dengan biaya yang saya sebutkan di atas. Hanya untuk program hamil di awal-awal biasanya ditambah dengan USG transvaginal biasanya sekitar 100rb-200rb.

30 komentar:

  1. Bunda cocok yah sama dr Indri? Saya kurang cocok euy. Awal pertama kali kontrol ke hermina langsung diceramahin jadinya ga srek. Sebagai pasien baru hermina seharusnya dokternya lebih sabar buat ngejelasin, ini kesannya kayak yg gamau jelasin panjang lebar dan gamau ribet. Dari situ udah stop ga akan ke dr itu lagi. Kalo untuk obat saya saranin beli di apotek aja ketimbang rsnya ,jauh lebih murah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama bun.. sy ko kaya pengen nangis pas kontrol ke dr. indri.. heheh.. mana waktu itu saya sendiri g ditemenin suami atau ibu.. kapok siy.. ngomongnya cepet dan kaya ngebentak gt ya.. pdhl bumil kan sensitip ya.. wkwkwk.. sy yg lebay atau gimana ya... heheh

      Hapus
    2. Hehehe iya memang gitu dr Indri. Tp waktu itu sy pernah kontrol sama salah satu dokter di Hermina juga, bilang kalau janin ada kemungkinan ga berkembang krn blm ada detak jantung di usia 8w. Trs coba lagi kontrol ke dr Indri, dia bilang ada kok bagus janinnya berkembang heheu jadi aja semangat lagi walaupun memang ceplas ceplos bicaranya

      Hapus
  2. Awal2 cocok bund, tp mulai trimester 2 pindah ke dr Fitria :D iyaa obat mending beli di luar, kalo di RS mahal plus ngantri panjaaang. Makasi udh mampir bunda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dr fitria cantik.. dan detail, dan sangat yakin dengan jenis kelamin bayi saya, jd sy tenang.. tgl 15 januari kemarin sih sy periksa untuk dr. Fitria di Rp. 299rb.

      Hapus
    2. Waa udah naik lagi ya bund harganya. Skg udah brp weeks? Semoga lancar yaa. Emang top dr Fitria, bikin adem juga penjelasannya hehe

      Hapus
  3. Halo Bund, terima kasih ya sharing infonya.. Kalo selain dokter yang disebut di atas yg di rekomendasi dokter siapa lagi ya? Saya pengen konsultasi kehamilan, soalnya sudah 5 hari terlambat haid tapi testpack hasilnya negatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma pernah ke tiga dokter di atas bund, tapi yang paling recommended coba ke dr Fitria aja bund

      Hapus
  4. Cobain ke prof. Duddy ahli fertilitas bund..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah belum pernah ke prof duddy, reviewnya gimana bund prof duddy, tp pasti biaya kontrolnya mahal ya, udh prof dan subspesialis pula hehe

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Infonya bermanfaat sekali ... aku lagi cari info biaya USG Hermina Jakarta, oiya apaa sekarang Dede nya sudah lahir ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi mbak :) Kalau ga ada info di blog2 gitu, coba langsung telp ke call center Hermina aja mbak. Hehe alhamdulillah udah lahir sekarang udah 5 bulan :)

      Hapus
  7. Hallo mbaa makasih ya sharing nya mba mau nanya dong klo dr risa yg di hermina pasteur gmna ya mnurut mba nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak :) wah maaf belum pernah kontrol ke dr Risa mbak hehe

      Hapus
    2. Saya barusan periksa k dr risa. Orang ny enak.. penjelasan ny detail.. harga cek ny 299. Cetak usg nya 149. Asal ny sy periksa d rsck kota baru dengan dr irna.. tp setelah pindah k dr risa orang ny enak jg. Ngejelasin ny enak

      Hapus
    3. Waa makasi bund infonya. Nambah referensi dr spog yang enakeun. Oia Harganya skg makin mahal ya heheu

      Hapus
    4. Saya bulan February lalu ke dr. Risa soalnya dokter lain pada penuh dan ini urgent karena control pasca sectio. Ternyata dokternya baik bangeeettt,,, jelasin nya detail, gantiin perban nya juga pelan hati2 dan ngajak ngobrol seru seputar KB jadi gak kerasa apa2. Abis itu konsul KB dan diterangin satu2 dan yang paling saya suka beliau gak maksa jadi hanya menjelaskan selanjutnya terserah kita mau apa

      Hapus
    5. Dr risa itu cowo ya?

      Hapus
  8. Mau tanya nih bunda bunda kalau untuk kontrol kandungan setiap bulannya bisa ndak ya kalau pakai bpjs ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau BPJS setau saya harus ada rujukan dari faskes 1 nya bunda.Kalau ga ada rujukan ga bisa pakai BPJS

      Hapus
    2. bisa kalau dari faskes 1 nya gak ada klinik kebidanan, kita bisa minta rujuk ke rs yang hari itu di sistem bisa di rs mana aja (gak bisa request) rs nya random tapi gak jauh2 banget dari faskes 1. Misal saya tinggal di daerah Hegarmanah, faskes 1 nya gak ada klinik kebidanan, dan mau USG di rujuk ke rs yang ada di sistem saat itu keluar hermina pasteur, sariningsih sama melinda. Ya saya pilih hermina pasteur dan ternyata benar abis itu ke rs daftar periksa dapat obat gratis (dokternya gak bisa milih juga)

      Hapus
    3. Oh alhamdulillah ternyata bisa ya. Tks buund undah bantu jawab :)

      Hapus
  9. Bunda mau tanya klo dr tita masih praktek di rs hermina?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bund baru balas, tahun lalu masih praktek bun, gatau kalay tahun ini.

      Hapus
  10. Bun, ada yg pernah periksa dgn dr Stanley ga ?

    BalasHapus
  11. Saya pernah di periksa dr. Stanley, orangnya baik, ramah dan detail... Dan rencana mau lahiran di Hermina Pasteur...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa ada opsi dokter baru lagi nih. Tks bund udah bantu jawab :)

      Hapus
  12. Kl aku k prof.dr.dinan. beliau g prnh bkin pasien panik. Krn wkt anak pertama hampir keguguran krn sering pendarahan. Kl konsultasi bkin hati tenang dan nyaman. Pdhl wkt itu sering pendarahan dan nyaris keguguran. Wkt mw lahiran jg dksih wejangan2 yg bkin hati tenang menghadapi proses kelahiran. Beliau praktek d hermina pasteur, hermina arcamanik, dan buka praktek sendiri d apotek mama d jl.sukamaju deket RSHS. Ljauh lbh murah bayar nya d apotek mama drpd d hermina. Beliau Guru besar kedokteran unpad. Ngajar dokter2 spesialis jg d RSHS. Kebetulan tmn kakek sy, jd dr hamil anak pertama direkomendasiin sm bibi2 sy kesitu. Krn bbrp kali gonta ganti dokter kandungan katanya selalu balik lg k prof.dinan. eheheh
    Ad jg review pasien yg prnh SC dan mw normal ditangani beliau Alhamdulillah beliau mw menuruti keinginan pasien tentunya dg syarat2 yg bs memenuhi kelahiran normal stlh prnh SC sblmnya.
    Oia beliau jg g terlalu byk ngasih obat, krn lbh merekomendasikan k konsumsi makanan dan minuman bergizi.

    Semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks bunda manfaat banget infonya, nambah lagi nih referensih dsog yang OK :)

      Hapus