Minggu, 22 Maret 2020

Cara membuat disinfektan sendiri di rumah untuk pencegahan virus corona

Bismillah

Saat ini di virus corona (Covid-19) sedang mewabah di dunia dan juga di Indonesia. Jumlah pasien di Indonesia yang terdeteksi positif corona mengalami kenaikan setiap harinya. Data per 22 Maret 2020 di Indonesia menunjukkan 450 orang positif dan 38 orang meninggal dunia. Langkah pencegahan yang paling efektif untuk membunuh virus ini adalah sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Selain itu langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona ini dengan rutin menyemprotkan cairan disinfektan min 2x sehari di benda-benda yang sering disentuh berbarengan.

Menurut WHO sebenernya belum ada penelitian pasti yang membuktikan bahwa virus corona itu bertahan berapa lama di permukaan benda. Maka untuk tindakan pencegahan penularan virus sebaiknya rutin menyemprot disinfektan di benda-benda yang sering disentuh berbarengan dengan tangan, contoh handle pintu, saklar lampu, pegangan tangga, keran air, remote AC/TV dll.

Cara buat cairan disinfektan juga mudah, yuk disimak :)

1. Membuat Disinfektan Dengan Pemutih Pakaian


Info ini saya dapat dari Instagram Narasi.TV Untuk membuat disinfektan bisa menggunakan produk pemutih pakaian (Bayclin, So klin pemutih, Proclin, Prokleen). Bayclin, mengandung sodium hipoklorit/natrium hipoklorit dengan konsentrasi 5.25%. Untuk bahan disinfektan, dibutuhkan natrium hipoklorit 0,1%-0.5%. Jadi untuk mendapat konsentrasi yang sesuai, perlu dilakukan pengenceran dengan air.
Bayclin pemutih pakaian 

Cara Pembuatan :

Campurkan Bayclin 95 ml ditambah air 905 ml untuk menjadi total cairan disinfektan 1000ml/1 L Atau bisa juga campurkan 2 sendok makan bayclin untuk 1 liter air. 



2. Membuat Disinfektan Dengan Karbol

Info ini saya dapat dari Instagram Unilever. Untuk membuat disinfektan bisa gunakan karbol merk Wipol, Supersol, SOS Karbol Wangi, dlsb

Cara Pembuatan :

Campurkan 10 sendok makan karpol dengan 1 L air untuk menjadi total larutan disinfektan 1 L.





3. Hal-hal yang harus diperhatikan

  • Disinfektan ini hanya untuk membunuh kuman di permukaan benda jadi jangan gunakan untuk cuci tangan/hand sanitizer
  • Pastikan produk tidak kadaluwarsa, karena jika kadaluwarna tidak akan efektif membunuh virus
  • Gunakan masker/sarung tangan (jika ada) saat melakukan disinfeksi karena baunya yang cukup menyengat.
  • Gunakan alat bantu lap/kain/tisu untuk mengelap barang yang sudah disemprot cairan disinfektan
  • Jangan lupa cuci tangan pakai sabun di air mengalir jika sudah selesai melakukan disinfeksi

Semoga bermafaat :)

Disinfektan dengan campuran bayclin+air











Tidak ada komentar:

Posting Komentar