Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Jumat, 17 Desember 2021

Bajuyuli Studio : Jasa Foto Produk Katalog Studio Olshop Cimahi Bandung



Zaman sekarang siapa sih yang belum pernah belanja online? 

Pastinya udah pernah dong ya, walaupun cuma sekali aja hehe. Jual beli online memang suatu hal yang sudah sangat biasa, apalagi semenjak terjadi pandemi. Semua bisa dibeli online, bahkan mau beli mobil aja bisa online loh! 

Di zaman serba online ini akhirnya banyak e-commerce bermunculan, jumlah pengunjung ke website e-commerce/bulan pun gak tanggung-tanggung. Berdasarkan data Iprice dalam Q3 2021 pengunjung website terbanyak jatuh ke e-commerce Tokopedia sebanyak 158.136.700 pengunjung/bulan disusul Shopee sebanyak 134.383.300 pengunjung/bulan.



Selain jumlah pengunjung/pembeli online yang semakin banyak, pastinya banyak pedagang baru bermunculan. Salah satunya adalah saya dan suami, kami berdua hijrah profesi dari engineer ke pedagang online hehe. Bahkan banyak juga loh brand besar yang memperluas channel penjualan, yang awalnya hanya jualan offline merambah ke jualan online. 

Nah di artikel kali ini saya mau sharing sedikit tentang foto produk dalam berjualan online ya. Semoga bermanfaat :)  

Pentingnya Foto Produk yang Menarik


Menurut saya, foto produk yang menarik dalam berjualan online adalah wajib hukumnya. Saat jualan online itu pelanggan gak bisa pegang/lihat secara langsung barang yang mau dibeli, makanya foto produk yang dijual itu harus bener-bener menarik, wajib menggambarkan produk yang dijual seperti aslinya.

Foto produk yang menarik juga bisa meningkatkan kepercayaan pembeli. Kalau pembeli udah percaya dengan foto produk kita, tentunya disertai dengan ulasan yang baik, maka pembeli tidak akan ragu untuk beli produk kita dan bisa meningkatkan penjualan.

Dalam e-commerce, foto produk yang menarik juga bisa meningkatkan Click Trough Rate (CTR). CTR itu apa? CTR itu persentase klik/impresi. Gampangnya gini, dari sekian kali produk kita muncul di halaman pencarian e-commerce, berapa kali sih produk kita diklik oleh pembeli? Semakin besar CTR berarti semakin bagus produknya. Salah satu faktor yang membuat pembeli mau klik produk kita ya lagi-lagi foto produk yang menarik.

Contoh Foto Produk Menarik


Jika ingin berjualan di e-commerce, masing-masing e-commerce punya panduan dalam foto yang bagus itu seperti apa. Tugas kita sebagai penjual ya mengikuti panduan tersebut, biar produk kita laku. 

Sepengalaman saya, kebanyakan e-commerce menyarankan background foto katalog berwarna putih polos. Tujuannya agar produk yang dijual terlihat jelas, tidak tumpang tindih antara produk dan background. Oleh karena itu, dalam mengambil foto produk katalog, kami selalu menggunakan background putih polos. Itu juga salah satu syarat foto produk untuk toko official di e-commerce.

Foto Produk Bajuyuli


Dalam foto produk juga kami selalu menampilkan banyak sudut pandang. Misal foto tampak depan, tampak samping, tampak belakang, dan foto detail. Hal ini bertujuan untuk menampilkan foto yang real sesuai aslinya. Karena jujur masih banyak sekali online shop yang menampilkan foto seadanya, ada juga yang menampilkan foto tidak sesuai dengan barang aslinya. Maka dari itu pembeli juga harus jeli saat membeli produk secara online.

Saat menjadi penjual online, sebaiknya kita juga mengetahui dasar-dasar fotografi dan dasar editing, seperti sudut pemotretan (angle), komposisi, pencahayaan, dll. Tujuannya agar kita bisa foto produk sendiri, ini pasti menghemat biaya operasional usaha. Namun jika dirasa ribet, sekarang ini sudah banyak jasa foto produk katalog professional yang menawarkan hasil foto produk yang bagus dengan harga ramah di kantong, salah satunya adalah Bajuyuli Studio.


Mengenal Bajuyuli Studio


Bulan September 2020, kami memutuskan untuk membangun studio foto di kantor Bajuyuli. Tingkat pandemi masih sangat tinggi, banyak studio foto tutup, sedangkan usaha kami butuh foto-foto produk yang fresh untuk kebutuhan social media. Awalnya kami membangun studio kecil-kecilan, dirombak hingga akhirnya kami punya studio foto berukuran 6x3 meter. Alhamdulillah 

Dalam berjalannya waktu, foto produk yang dulunya dilakukan setiap hari, karena ada perubahan strategi, kali ini foto produk tidak perlu dilakukan setiap hari. Nah, daripada assetnya nganggur jadi tercetuslah ide jasa foto produk katalog di Bajuyuli Studio. :)

Biaya Bajuyuli Studio


Jasa foto produk katalog di Bajuyuli Studio terjangkau banget loh, dan produknya bebas bisa apa aja ya. Insya Allah memudahkan teman-teman UMKM untuk berjualan online. 

Paket Tanpa Model

Harga 25rb / produk
**dapat 3 looks foto, background putih

Paket Dengan Model

Harga 35rb / produk
kami carikan modelnya, fee model ditanggung oleh client
**dapat 3 looks foto, background putih

PROMO : Khusus KTP Cimahi, GRATIS! sampai 5 produk!!

Spesifikasi Bajuyuli Studio


Buat yang kepo dengan peralatan yang dipakai di Bajuyuli Studio bisa cek-cek tulisan di bawah ini yaa. :)

Luas studio: ± 6 x 3 meter
Kamera utama: Canon 90D
-. Sensor APS-C CMOS 32,5MP + DIGIC 8
Dual Pixel CMOS AF
-. 45 AF tipe silang (Viewfinder Optik)
-. Face detection (Viewfinder Optik & Live View)
-. 5.481 pilihan posisi fokus (Live View)
-. Eye Detection AF (One Shot & Servo AF – Live View)
-. 4K Video (Uncropped/Cropped)

Lighting utama: Visico VC600HH
-VC-600 Flash heads 2 Unit
-Softbox 90x90 / 80x120 2 Unit
-LS 8006 Light stand 2 Unit
-Trigger Transmitter 816 TX 1 Unit
-Travel Bag 1 Unit

Kamera Canon 600D
3 HP Kamera (high spec)
Mic
Background
Gimbal stabilizer
dan properti-properti tematik

Lokasi studio:
Bajuyuli Office
Jl. Singosari Raya No.12, Melong, South Cimahi, Cimahi City, West Java 40534
WA : +62 896-7153-0887

Penutup


Lagi-lagi mohon doanya agar lini bisnis baru kami berkembang yaa dan membawa keberkahan bagi kami semua. Buat yang mau share info ini boleh banget loh atau ada yang mau foto produk di Bajuyuli Studio? Yuk boleh banget, semoga bermanfaat! :)

12 komentar:

  1. Waw menarik infonya TehπŸ˜„

    BalasHapus
  2. Yuli the Mompreneur sejati. Selamat ya Yuli atas bisnis barunya, Bajuyuli Studio. Wah masya Allah, keren banget Yuli, ide bisnisnya meluas dan terealisasikan. Alhamdulillah.

    Semoga makin sukses Mamah Yuli :)

    BalasHapus
  3. Kereeenn,, usahanya terus melebarkan sayap gituuu.. Alhamdulillah.. Semoga berkah terus yaa usahanya :)

    BalasHapus
  4. Wih keren Bajuyuli sampai ada studionya. Aku baru ngeh ya e-commerce ada panduan foto produk juga

    BalasHapus
  5. Hebat teh Yuli, bukan cuma membuat produk sendiri bisa terdokumentasi dengan baik, tapi juga membantu orang lain yang belum bisa bikin foto yang bagus... aku beneran kagum, Teh Yuli selalu gak ragu bantuin orang lain dalam bisnisnya. Sukses terus ya teh usahanya

    BalasHapus
  6. Bagus juga nih idenya, sekalian moto produk sendiri, sekalian nerima foto produk orang ya. Sukses ya mbak Bajuyuli Studio nya

    BalasHapus
  7. thanks infonya teh yuli ...
    makin sukses ya aamiin

    salam semangat

    BalasHapus
  8. Keren Yuul..jeli banget lihat peluang bisnis. No wonder banyak toko online asal comot foto dari toko lain, ternyata heboh yaa bikin foto sendiri, banyak syaratnya.. (kalau ga mau repot tinggal kontak bajuyuli studio aja ya.hihi)

    Semoga sukses ya Yul bisnis barunyaaa

    BalasHapus
  9. Sebagai orang visual, setuju banget sams pernyataan teteh diatas soal pentingnya foto produk, apalagi buat fashion. Toko yang foto produknya niat biasanya barang2 terjamin kualitasnya sih. Apalagi kalau rapih dan seragam, jadi kebawa happy dan tergoda klik masukin keranjang haha.

    BalasHapus
  10. Halo Teh, salam kenaal. Keren teh informasinya, mau saya share juga ke kerabat-kerabat saya yang membutuhkan, pegiat toko online pasti banyak yang perlu info seperti ini πŸ˜€

    BalasHapus
  11. Informasinya menarik. Saya konsumen online, tapi belum pernah jadi pelaku usaha yang pemasarannya secara online. Karena saya lebih nyaman berhadapan langsung dengan konsumen.
    Bisnis secara online ini memang sedang booming ya.
    Ok. Sukses ya

    BalasHapus
  12. Teteh idenya keren banget, kan sering banget ada yg mau mulai jualan tapi bingung foto produknya gimana. Semoga lancar dan barokah bisnis barunya ya Teh, membantu banget juga buat owner2 bisnis lain

    BalasHapus