Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kamis, 25 November 2021

Pengalaman Hidup di Tahun 2021

Bismillah

Tahun 2021 ini masih memasuki masa pandemi tapi alhamdulillah bagi saya terasa lebih menenangkan dibanding sebelumnya. Terutama dari sisi bisnis yang berangsur-angsur membaik. Alhamdulillah. Berikut pelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman hidup di tahun 2021.

Berusaha Konsisten


Tahun 2021 ini alhamdulillah saya berhasil konsisten buat video turorial di youtube hampir setiap hari. Ya, setiap hari, termasuk Sabtu dan Minggu. Awalnya hanya 1 video per hari, kemudian naik jadi 2 video per hari. 

Sempat 10 hari absen buat video itu karena si sulung masuk masuk ICU dan menjadi suspect covid. Boro-boro mau buat video, yang ada juga resah sama kondisi anak. 

Konsisten tiap hari itu berat. Awal-awal buat video tiap hari, ada aja godaanya. Tiba-tiba ngerasa gak ada waktu, padahal buatnya juga cuma 5-15 menit aja. Tiba-tiba ngerasa gak ada ide hehe.

Tapi ternyata bisa loh konsisten, masya Allah.

Tujuan awal buat video memang untuk menambah penghasilan kalau videonya berhasil. Kalau gak berhasil gimana? Ya gapapa, lebih baik daripada gak pernah mencoba kan? Tapi ternyata benefitnya jauh dari itu. 

Konsistensi ini bisa ngelatih untuk mengasah kreativitas. Selain itu, ada rasa senang yang tak terkira ketika konten yang dibuat bisa membantu orang banyak dan saya merasa jadi lebih bermanfaat hehe.




Menulis di blog untuk memenuhi tantangan MGN setiap bulan juga termasuk salah satu pencapaian saya di tahun ini. Saya berhasil memenuhi target untuk menulis di blog minimal sebulan sekali dan bonusnya ternyata tulisan saya diapresiasi sehingga beberapa kali masuk 10 besar hehe senangnya.




Belajar Hal Baru 


Tahun 2021 ini saya juga belajar hal yang baru salah satunya adalah berani tampil di depan banyak orang. Sebenarnya kalau memimpin rapat di depan karyawan ataupun vendor-vendor itu sudah biasa tapi untuk tampil di depan orang yang belum dikenal memang belum pernah.

Keberanian ini diawali dari adanya tawaran dari Wakaf Salman ITB untuk menjadi narasumber tentang couplepreneur di zoom Kuliah Wakaf Salman. Jauh sebelum tanggal acara, saya belajar dengan suami bagaimana sih public speaking yang benar. Alhamdulillah akhirnya acara berjalan lancar.

Dari acara Kulwaf Salman akhirnya saya mulai untuk membuat konten sharing di channel Youtube Bajuyuli, menjadi moderator suatu acara, atau menjadi host saat live Instagram. Walaupun masih sering belepotan tapi jujur saya bangga pada diri sendiri, bisa mencoba suatu hal yang baru hehe. 

 



Tentang Kesehatan  


Tahun 2021 ini keluarga besar saya dan suami diuji dalam hal kesehatan. Bulan April 2021, anak sulung saya harus dirawat di RS karena sakit pneunomia dan suspect covid sehingga harus masuk ruang isolasi. Bulan Juni 2021, kaka ipar suami istri sakit covid dan juga harus masuk ICU. Bulan Juli 2021, Aa kandung saya yang terkena covid. Alhamdulillah Aa saya hanya mengalami gejala ringan sehingga tidak perlu masuk RS.

Saat semuanya telah sembuh, seakan diingatkan kembali bahwa sehat itu masya Allah anugerah yang harus selalu disyukuri. Hal lain yang harus disyukuri soal kesehatan adalah alhamdulillah baik kedua orang tua maupun kedua mertua tetap sehat selama pandemi ini. Mendengar kabar banyak sekali orang tua yang terkena covid bahkan sampai berpulang sungguh hati ini sangat sedih. Semoga sehat terus semuanya yaa aamiin :)



Bisnis Lulus dari Pandemi 


Tahun 2020 adalah masa yang suram bagi bisnis Bajuyuli, dampak covid pada usaha UMKM Bajuyuli sangat terasa. Kami harus putar otak bagaimana agar usaha tetap survive. Tahun 2020 beberapa karyawan yang kinerjanya kurang memuaskan saat habis kontrak tidak diperpanjang kontraknya. Alhamdulillah walaupun masih pandemi, hak-hak karyawan tetap bisa diberikan dengan baik dan itu adalah anugerah dari Allah SWT.

Tahun 2021 perkembangan bisnis semakin baik dan Masya Allah alhamdulillah di bulan November 2021 ini bisnis kami lulus dari pandemi. Apa itu lulus dari pandemi? Artinya omset kami sudah bisa berhasil melebihi puncak tertinggi saat lebaran. Masya Allah bersyukur sekali, waktu yang dinanti akhirnya tiba.  Sujud Syukur. 

Saat ini usaha kami sedang berkembang, pegawai pun bertambah satu demi satu. Banyak produk yang baru launching dan alhamdulillah mendapatkan respon baik dari customer. Harapannya semoga trend penjualan ini semakin naik terus di bulan-bulan ke depan hingga mencapai puncak penjualan yang baru di Lebaran 2022. Mohon doanya agar usaha kami berkah dan sukses yaa, aamiin.



Penutup


Selain hal-hal yang disebutkan di atas masih banyak hal-hal yang belum berubah signifikan dari tahun ke tahun dan menjadi evaluasi besar untuk saya. Masih sering marah-marah ke anak-anak. Jarang olahraga. Masih suka ngeyel ke suami. Meningkatkan ilmu agama masih belum konsisten, dan masih banyak hal yang lainnya. 

Semoga di tahun-tahun ke depan, apabila diberi umur, masih bisa memperbaiki diri dan berusaha untuk selalu berkembang. Karena sejatinya manusia adalah pembelajar sepanjang hayat kan? 

Terima kasih sudah membaca tulisan ini sampai akhir dan sampai jumpa di Tantangan Mamah Gajah Ngeblog tahun depan insya Allah. :)



5 komentar:

  1. Wah sungguh inspiratif niy Mamah Yuli. Alhamdulillah senang sekali membaca perjalanan Yuli di tahun 2021 ini. Aamiin semoga makin sukses bisnis Bajuyuli-nya. Keren euy Mamah Yuli. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duuh jadi malu. Aamiin nuhun teh Uriil panutan jugaaa :)

      Hapus
  2. Hebat yul. Sangat menginspirasi couplepreneur-nya. Semoga bajuyuli semakin lancar jaya bisninyaaa

    BalasHapus
  3. Seneng baca semangat Teh Yuli untuk berkembang. Sukses terus teh usahanya.. dan semangat belajar di 2022!

    BalasHapus