Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kamis, 21 Oktober 2021

Bahagia Berkomunitas di Komunitas Mamah Gajah

Salah satu hal yang langsung saya lakukan setelah resign kerja adalah mencari komunitas yang ingin diikuti. Setelah resign, notifikasi chat di HP sangat sepi sekali, berbeda dengan sewaktu kerja dulu hehe. Ingin rasanya bisa menemukan komunitas yang aktif bisa berbagi info, menambah teman, dan tempat curhat problematika mengurus bayi 9 bulan yang gak habis-habis, sampai pening rasanya. :p

Sumber : Pinterest @mommiestory

Beberapa komunitas sudah pernah saya ikuti tapi rasanya kurang cocok. Sampai akhirnya teman saya mengajak untuk gabung Facebook ITBMotherhood di akhir tahun 2017. Group FB ITBMH ini sangat aktif sekali, setiap hari ada bahan pembicaraan di group.  Anggota komunitasnya juga beragam angkatan dan jurusan. Saat gabung komunitas ini rasanya seperti "pulang." :)

Saat gabung ITBMH, group sedang ramai-ramainya mempersiapkan event Homecoming 2017. Tanpa pikir panjang saya pun daftar dan menghadiri event tersebut ditemani suami dan bayi kecil.  Di event Homecoming saya melihat ibu-ibu ITBMH sangat akrab sekali. Ingin rasanya punya teman baru dari group ini, saya pun punya tekad sebisa mungkin harus aktif di group ini, tidak hanya menjadi silent member saja hehe. 

Menghadiri Event Homecoming ITBMH 2017

Tempat Bermuamalah


Thread pertama yang saya buat di komunitas ITBMH adalah buka lapak jualan hehe. Tahun 2017 itu Bajuyuli baru satu tahun berdiri, masih banyak orang yang belum tahu brand kami. Dengan semangat '45 saya rutin update lapak jualan setiap hari. Harapannya semoga ada yang tertarik dengan produk Bajuyuli dan sebagai self branding juga sih. 

Alhamdulillah respon ibu-ibu ITBMH ini sangat baik, seringkali saya mendapat pesanan dari group ITBMH. Saya rasa self branding sebagai penjual gamis anak juga cukup berhasil. Ketika di group ada yang #nyabar gamis anak, saya seringkali di-mention oleh teteh ITBMH yang lain atau teteh-teteh ITBMH mengenal saya sebagai "Yuli Bajuyuli" hehehe. Bahagia itu sederhana. :)

Lapak Jualan di Parah Gader

Selain jadi penjual, saya juga mencoba untuk beli produk yang dijual teteh-teteh ITBMH. Di awal-awal bermuamalah sempat kaget, kok barang sudah dikirim duluan? Padahal teteh penjual belum mengirimkan nomor rekening tujuan. Itu bukan hanya satu orang, tapi banyak teteh penjual yang seperti itu. 

Buat saya, itu agak aneh ya. Karena sebagai penjual, saya tidak pernah mengirimkan barang jika uang belum saya terima. Saat berjualan di ITBMH pun tetap seperti itu, karena menurut saya dalam jualan online harus jelas akad jual beli. Tapi lama-kelamaan saya mengerti. Teteh-teteh ITBMH melakukan hal itu dalam landasan percaya antar sesama anggota. Masya Allah. 

Tempat Segala Ada


Dari group FB ITBMH, saya juga tahu ternyata ITBMH ini punya banyak Whatsapp group dengan berbagai kategori seperti hobi, lokasi, dll. Awalnya saya hanya join WAG Playdate Bantim, lama-lama saya jadi join banyak WAG ITBMH hahaha. Berikut ini daftar WAG ITBMH yang saya ikuti :
  • Playdate Bantim ITBMH (Kumpulan Mamah Gajah tinggal di Bandung Timur)
  • ITBMH Bandung Raya (Kumpulan Mamah Gajah tinggal di Bandung Raya)
  • Starmate (Kumpulan Mamah Gajah tinggal di Cimahi, KBB dan sekitarnya)
  • Gajah Mader (Kumpulan Mamah Gajah yang punya bisnis)
  • Mamah Gajah Ngeblog (Kumpulan Mamah Gajah yang suka ngeblog)
  • Youtube ITBMHTV (Kumpulan Mamah Gajah yang mengelola Youtube ITBMH)
  • Mentoring Online ITBMH (Mentoring/kajian islami)
  • Bumil ASIX (Kumpulan Mamah Gajah yang sedang hamil/menyusui/ex busui)

Menghadiri Acara Playdate Bantim di Balai Kota Bandung

Gabung Whatsapp Group yang sesuai dengan kondisi/minat ini buat saya sangat memberikan banyak manfaat. Bisa menambah kenalan, berbagi info, berbagi ilmu, tempat curhat, tempat bermain, dan masih banyak manfaat lainnya.

Menjadi Panitia Sharing Session Bisnis Gajah Mader

Notifikasi group juga jadi sangat "ramai" karena chat ibu-ibu ITBMH ini gak habis-habis wkwkwk. Sampai akhirnya saya menonaktifkan semua notifikasi di group hehe. Oia, saat awal gabung WAG juga saya sempat bingung. Apa semua percakapan harus dibuka dan dibaca? Apalagi whatsapp salah satu aplikasi yang sering sekali saya buka. Lama-lama akhirnya saya bisa juga menentukan ritme saya sendiri, kapan harus buka WAG, kapan memberikan komentar, ataupun hanya menyimak saja. 

Menghadiri Playdate Perdana ITBMH Bandung Raya di Taman Lalu Lintas Bandung

Tempat Berbagi 


Komunitas ITBMH juga ternyata menjadi jalan untuk berbagi sesama. Membantu korban bencana, donasi untuk nakes di saat pandemi covid, membantu memberikan beasiswa bagi mahasiswa ITB yang kurang mampu, dan masih banyak lagi. Dana donasi beberapa dihimpun dari anggota ITBMH sendiri, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Aamiin 

Donasi Perahu Karet Korban Banjir Jakarta Januari 2020

Selain berbagi ke luar anggota ITBMH, group ITBMH juga saling membantu sesama anggota yang kesulitan. Sebagai contoh, untuk anggota ITBMH yang kesulitan finansial dan memiliki usaha dibantu dengan bisa membuka lapak prioritas di Marketday, sehingga bisa meningkatkan penjualan. 
 
Poster Member Bantu Member ITBMH

Selain di group induk, kesempatan berbagi sesama anggota juga sangat terlihat di Whatsapp Group. Sering berbagi giveaway, berbagi makanan, dan tentunya berbagi support yang tidak henti-hentinya, apalagi di masa sulit seperti pandemi ini. Sungguh hati ini selalu "hangat" dengan segala kebaikan dari teteh-teteh ITBMH.

Mendapat Hadiah Lomba 5th Playdate Bantim

Di masa pandemi, Bajuyuli juga ikut berperan untuk berbagi di group ITBMH. Saat awal pandemi kebutuhan masker sangat tinggi, begipula dengan masker kain. Qadarullah di Bajuyuli banyak sekali sisa kain majun yang memang tidak terpakai. Akhirnya kami putuskan untuk membuat masker kain dari majun dan kami bagikan gratis bagi yang membutuhkan, salah satunya melalui group ITBMotherhood. 

Melalui teteh-teteh ITBMH alhamdulillah 1000 buah masker kain Bajuyuli dibagikan ke orang yang benar-benar membutuhkan seperti ART, satpam, pemulung, siswa pondok pesantren, dan lain-lain. Masya Allah.

Poster Masker Kain Gratis BajuyulixITBMH

Penutup


Dari komunitas ITBMH juga saya belajar konsisten dengan target yang saya buat. Salah satunya ya mengikuti Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog ini. Alhamdulillah sampai saat ini belum pernah bolos mengikuti tantangan. Hal yang paling gak disangka ternyata tulisan saya juga beberapa kali masuk 10 besar dan 1x juara 5 besar, alhamdulillah. :)



Selain kelebihan, setiap komunitas juga pasti punya kekurangan ya. Cuma yang saya rasa, kekurangan dari komunitas ITBMH ini tidak sebanding dengan segala kebaikan dan manfaat yang saya dapat hehe. Terima kasih ITBMotherhood. Semoga semakin solid dan selalu menebar manfaat. :)


Menjadi Moderator di Acara Sharing Mamah Gajah Ngeblog x ITBMHTV



6 komentar:

  1. masyaallah teh yuli
    benar banget ini itbmh adalah komunitas kesayangan.
    aku juga merasakannya ...


    salam semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa ibuu, saya pun happy bisa gabung di ITBMH. Jadi bisa kenal bu Dewi juga yang sangat inspiring dan semangat :)

      Hapus
  2. wow, banyak banget yang diikuti sub grup dari ITBMH, sementara saya baru ikutan di MGN aja sekarang ini selain FB nya hehehe. Kebayang ramainya grupnya kalau ikut lebih banyak lagi, hehhee... Mantap nih mbak Yuli kapasitas membagi diri dalam berkomunitasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe jadi belajar buat manage waktu dan diri teh. Seruu :)

      Hapus
  3. Senang bertemu teh Yuli di MGN :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaa maaci teh Dea, senang juga kenal dengan teteh :)

      Hapus