Selasa, 15 Juli 2014

A Weekend Getaway - Trip Ke Ujung Kulon (1)

Horeeee liburan lagiii :)

Tanggal 13-15 Juni lalu, saya dan teman-teman kantor melakukan perjalanan ke Taman Wisata Ujung Kulon. Ujung Kulon merupakan daerah paling barat Pulau Jawa dan terletak di Provinsi Banten. Daerah Ujung Kulon juga merupakan tempat hewan langka badak bercula satu berasal. Buat yang belum punya gambaran dimana itu Ujung Kulon, ini saya kasih gambaran peta nya ya :D

Ujung Kulon
Untuk trip kali ini kami menggunakan travel Rafauli Trip. Biaya yang kami keluarkan untuk trip kali ini 875.000/org dan biaya sewa alat snorkling 15.000/org, jadi total 890.000/org. Sebenernya biaya yang diminta oleh pihak travel untuk sewa alat snorkling adalah 60.000/org. Tapi karena jumlah kami yang cukup banyak (13 orang) akhirnya kami mendapat diskon sewa alat snorkling 75%. Hehehe.

Let's enjoy our trip!

*
Meeting Point perjalanan kali ini bertempat di McD Karawaci Tangerang. Pada pukul 10 malam kami dan peserta trip lainnya naik bus AC menuju Desa Sumur, dermaga dimana kita akan naik perahu nanti. Pada jam 4.30 subuh rombongan kami sampai di Desa Sumur.Agenda yang dilakukan di Desa Sumur ini antara lain sholat subuh, bersih-bersih, dan juga sarapan pagi. Selanjutnya bersiap-siap naik perahu menuju Pulau Peucang. yeah!

Desa Sumur
Siap-siap naik perahu
Hari ke -1
Destinasi pertama adalah Pulau Peucang, Pulau Peucang ini tempat dimana kami menginap. Waktu yang ditempuh untuk menuju Pulau Peucang ini adalah 3 jam dengan menggunakan kapal.

Dermaga Pulau Peucang
Warna airnya toska dan jerniiih banget :)))
Pulau Peucang!
Agenda di Pulau Peucang ini adalah simpan menyimpan barang bawaan. Setelah setengah jam beristirahat di Pulau Peucang, selanjutnya kami bersiap-siap menuju Tanjung Layar. Titik paling barat Pulau Jawa. Fyi, di Pulau Peucang ini kita bisa menemukan binatang-binantang yang berkeliaran secara bebas. Contohnya babi, monyet, rusa, iguana, dan hewan lainnya. Pemakaian listrik di pulau ini juga dibatasi. Listrik menyala hanya pada sore-pagi hari saja. Oia dan hal yang cukup penting, di pulau ini tidak ada sinyal telepon. So, say goodbye to phone communication and social media :)))   

Lanjut ke Tanjung Layar. Perjalanan dari Pulau Peucang ke Tanjung Layar memakan waktu kurang lebih 3 jam. Sasampainya di Tanjung Layar kita harus tracking menyusuri hutan terlebih dahulu sekitar 30 menit untuk sampai ke titik ujung barat Pulau Jawa.

Taman Nasional Ujung Kulon
Tracking menyusuri hutan
Setelah tracking, kita akan sampai pada dua tujuan yaitu pos penjaga dan menara mercusuar Tanjung Layar dan titik ujung paling barat Pulau jawa itu sendiri.
Pemandangan dari mercusuar lantai 2

Pos Penjaga Tanjung Layar
Menara Mercusuar Tanjung Layar
 Setelah menaiki menara mercusuar selanjutnya kita menuju ujung barat Pulau Jawa. uyeaaaah :)

Our team
Ujung Barat Pulau Jawa!
Selanjutnya kami kembali ke Pulau Peucang untuk makan siang dan sholat. Setelah itu kami bersiap-siap untuk snorkling di sekitar Pulau Peucang. Kali ini adalah kali pertama saya snorkling, di awal-awal saya merasa kesulitan untuk menggunakan alat snorkling ini karena saya harus menyesuaikan bernafas hanya dengan mulut saja. Namun setelah berlatih beberapa kali akhirnya saya terbiasa dan siap untuk mengeksplor dunia bawah laut.Yes

Siap-siap loncat dari dek kapal hihi :p
1, 2, 3, byuuur....
Berhasil snorkling. Happyyyy :)
credits : Rafauli Trip
credits: rafauli Trip
Setelah snorkling kami kembali ke Pulau Peucang untuk bersih-bersih, makan malam, dan istirahat. Siap-siap untuk kanoing besok hari. aaaa can't wait!

 Lanjut ke Part 2 disini yaaaa :D


2 komentar:

  1. trims sudah menuliskan trip ujungkulonnya bersama rafauli trip, sebagai ucapan terimakasih kami, link ini kami masukan ke www.rafaulitrip.com

    BalasHapus
  2. Sama-sama Rafauli Trip, terima kasih juga untuk pengalaman tripnya yang menarik, guidenya juga asik2, dan servicenya juga memuaskan. Masakannya juga enak dan kita gak kekurangan makanan, pokoknya top! Heheheh. Semoga nanti bisa ikut trip lagi :D

    BalasHapus