Sabtu, 07 Juni 2014

Trip ke Pulau Cipir, Pulau Onrust, Pulau Kelor

Libur hari buruh 1 Mei 2014 kemarin saya manfaatkan untuk one day trip pulau bersejarah ke Pulau Onrust, Pulau Kelor, dan Pulau Cipir. Ketiga pulau tersebut berada dalam satu gugus Kepulauan Seribu. Saat itu saya dan keduabelas teman saya menggunakan travel +temanjalanid. Total biaya trip yang kami keluarkan hanya 130ribu rupiah saja.

Masih pagi. Foto sebelum berangkat :)

Meeting point trip kali ini adalah di Tempat Pelelangan Ikan Muara Kamal. Jangan sampai salah meeting pointnya ya, waktu itu kami nyasar dulu ke TPI Sunda Kelapa. hehe. Berikut ini suasana Dermaga Muara Kamal, tempat dimana kita mulai naik perahu :)

Dermaga Muara Kamal
Suasana di Perahu
Let's enjoy our trip :)

1. Pulau Kelor
Pulau Kelor merupakan destinasi pertama kami di trip ini. Pulau ini dinamai Pulau Kelor karena luas pulau yang kecil dan konon jika dilihat dari atas bentuk pulau terlihat seperti daun kelor. Pulau Kelor dahulu digunakan sebagai benteng pertahanan VOC melawan Portugis di abad ke -17. Pada pulau ini juga terdapat Benteng Martello yang digunakan sebagai markas pertahanan VOC.
Pulau Kelor
Benteng Martello
Tetrapod, penahan abrasi
Pose

Kondisi Pulau Kelor ini cukup bersih dan terawat. Namun objek wisata yang dapat dilihat hanya sisa reruntuhan Benteng Martello saja dan sekumpulan tetrapod di pinggir pantai. Disini juga tidak terdapat warung-warung jualan, jadi bawa bekal makanan yang cukup ya.

2. Pulau Onrust
Pulau Onrust dulunya merupakan pelabuhan VOC sebelum pindah ke pelabuhan Tanjung Priuk. Di pulau Onrust juga terdapat makam keramat Maria Van de Velde peninggalan Belanda. Konon katanya Maria meninggal pada saat menanti sang kekasih yang sebenarnya sudah meninggal dan pada hari-hari tertentu Maria masih suka menampakan dirinya. Pada tahun 1930, Pulau Onrust difungsikan sebagai asrama jamah haji sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi.

Pulau Onrust
Makam Maria
Team jalan-jalan id
3. Pulau Cipir
Pulau Cipir ini dahulu digunakan sebagai Rumah Sakit Karantina Haji, jadi katanya pada zaman dahulu jika ada jamaah haji yang sakit akan dibawa ke Pulau Cipir terlebih dahulu sebelum dibawa ke Pulau Onrust untuk diberangkatkan ke Arab Saudi. Pada pulau ini terdapat reruntuhan rumah sakit, rumah dokter, rumah sakit karantina haji dan kini menjadi bagian dari Taman Arkeologi Onrust yang dilindungi Pemerintahan Jakarta. Kondisi Pulau Cipir menurut saya kurang terawat. Banyak sampah berserakan, baik di pantai, maupun diantara sisa reruntuhan rumah sakit.
Sisa reruntuhan rumah sakit
Pantainya
hehe
Meriam
Full team

Overall, trip satu hari ini cukup menyenangkan. Kita bisa melepas penat pekerjaan dengan jalan-jalan ke pulau bersejarah dan biaya yang dikeluarkan juga tidaklah mahal. Tapi jika kita ingin menikmati suasana pantai yang biru, pasir putih, atau ingin menikmati sunset atau sunrise, mengikuti trip ini sangatlah tidak disarankan. hehehe. Mungkin sekian dulu cerita yang bisa saya bagikan, see you on the other story :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar