Sabtu, 14 Februari 2015

Menjadi manusia yang lebih baik

Time flies. Juli 2015 ini tak terasa genap tiga tahun setelah kelulusan saya menjadi seorang Sarjana Teknik. Tiga tahun saya rasa bukan waktu yang singkat. Dulu setelah tiga tahun mengenyam pendidikan di SMP kita akan naik tingkat menjadi siswa SMA. Setelah tiga tahun mengeyam pendidikan di SMA kita kan naik tingkat menjadi Mahasiswa. Lalu setelah hampir tiga tahun mengenyam titel sarjana kita akan naik tingkat menjadi apa? Sebenarnya saya tidak akan membahas saya telah naik tingkat menjadi apa. Namun yang akan saya bahas adalah apa saja yang telah saya dapatkan hampir tiga tahun ini? Apa saya menjadi manusia yang lebih baik dari tiga tahun yang lalu? Jujur saya rasa tidak pantas jika saya menilai diri saya lebih baik atau tidak, tapi yang saya rasakan banyak perubahan yang saya alami selama tiga tahun ini.

Saya rasa banyak perubahan yang saya rasakan pada diri saya. Saya belajar bagaimana menjadi perempuan yang kuat, perempuan yang mandiri, dan menjadi dewasa. Jauh dari keluarga ternyata melatih saya menjadi lebih mandiri, berusaha untuk bisa menyelesaikan permasalahan saya sendiri. Meskipun jika sedang di Bandung saya masih manja dengan keluarga saya, tapi tinggal jauh dari keluarga setidaknya membuat mata saya lebih terbuka. Saya masih ingat pertama kali saya diantarkan ke kosan oleh bapa dan ketika bapa harus kembali lagi ke Bandung, saya menangis. Pasti selalu ada hal pertama dan hal tersebut membuat kita harus selalu bersyukur setiap detiknya. Oia, dan saat merantau ini juga saya belajar memasak! Alhamdulillah.

Saya rasa sikap dan perbuatan saya juga mulai berubah. Saya belajar untuk menyusun keinginan-keinginan saya dan tidak menyerah dalam menggapai keinginan-keinginan. Saya belajar untuk berpikir fokus pada inti masalah dan juga berpikir besar. Saya belajar untuk selalu berkembang setiap harinya. Saya belajar untuk tidak lari dari masalah, tidak panik, atau tidak tersulut emosi. Saya belajar untuk mempunyai tujuan hidup. Saya belajar bagaimana menjadi perempuan yang baik.

Semua lingkungan saya di kantor, di rumah, di kosan, teman-teman, keluarga, dan juga akang yang telah membuat saya menjadi seperti sekarang ini. Naik turunnya apa yang saya alami membuat saya semakin kuat dan harus menjadi lebih baik lagi. Kalau kata lagunya Kelly Clarkson, what doesn’t kill you makes you stronger. Hehe. Kedepannya mungkin akan lebih banyak lika liku kehidupan yang akan dijalani. Harus yakin, harus siap, harus tegar, harus berani, berusaha dan berdoa. Bismillah…



Tidak ada komentar:

Posting Komentar