Sabtu, 06 April 2019

Pengalaman Imunisasi di Puskesmas

Assalamualaikum, jadi hari rabu kemarin adalah kali pertama adek imunisasi di Puskesmas. Sewaktu abang imunisasi dulu gak pernah imunisasi di puskesmas karena bentrok dengan jam kerja di kantor, alhamdulillah sekarang sudah resign jadi bisa pilah pilih tempat imunisasi adek.

Kemarin adek imunisasi DPT 3 di Puskesmas Melong Asih Cimahi. Puskesmas ini saya pilih karena dekat dengan lokasi kantor dan juga tempat saya berobat sewaktu kecil dulu. Ternyata oh ternyata  pelayanan puskesmas sekarang sudah jauh lebih baik dari zaman dulu ya, sistem antriannya lebih rapi, petugasnya sudah banyak, pelayananannya juga relatif cepat. Yuk simak alur imunisasi di Puskesmas :)

Pendaftaran 

Pendaftaran

Sistem pendaftaran di puskesmas sudah lebih rapi dengan adanya mesin antrian. Antrian imunisasi dipisahkan dari antrian pasien umum jadi waktu antri lebih cepat. Untuk pendaftaran hanya bayar Rp5.000,00. Setelah pendaftaran, kami diarahkan untuk menunggu panggilan selanjutnya di ruang imunisasi.

Timbang berat badan dan mengukur tinggi bayi


Ruang Tunggu
  
Ruang tunggu imunisasi di Puskesmas juga terpisah dari ruang tunggu pasien umum, jadi insya Allah lebih sehat karena tidak bercampur dengan pasien yang sakit. Di ruang tunggu imunisasi juga terdapat playground jadi anak-anak tidak mudah bosan.


Ruang Timbang

Setelah menunggu beberapa menit, lalu ada panggilan untuk mengukur tinggi dan menimbang berat badan bayi. Alhamdulillah pertumbuhan adek baik, usia 5 bulan BB 8.3 kg dan tinggi 69.5 cm. Setelah itu petugas memberikan nota vaksin sebesar Rp 5.000,00 untuk dibayarkan di kasir.

Vaksinasi

Setelah melakukan pembayaran di kasir, nota bukti pembayaran harus diserahkan kembali ke petugas yang menimbang bayi lalu menunggu kembali untuk panggilan imunisasi. Sekitar 15 menit akhirnya adek dipanggil untuk imunisasi.

Ruang Vaksin

Alhamdulillah total waktu dari pendaftaran sampai selesai imunisasi hanya 30 menit saja dan total biaya yang dikeluarkan Rp 10.000,00. Wah bener-bener hemat dan puas banget dengan pelayanan imunisasi di Puskesmas. Sebagai komparasi, sewaktu imunisasi DPT 2 di RS Bersalin Melong biaya yang dikeluarkan sekitar 370rb dan imunisasi DPT 1 di RS Hermina Pasteur sekitar 500rb. Jenis vaksin yang digunakan semua sama menggunakan Pentabio.

Kenapa biaya imunisasi bisa beda-beda? Kalau imunisasi Puskesmas itu sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah jadi harganya bisa murah banget. Kalau di rumah sakit swasta tidak mendapat subsidi, bahkan dikenakan biaya lain-lain seperti jasa suntik, biaya admin rumah sakit, dan biaya jasa dokternya sehingga biayanya jauh lebih mahal dibanding Puskesmas.

Jadi, yuk buibu Imunisasi di Puskesmas :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar