Friday, December 27, 2019

, , , , , ,

CARA MENGURUS SENDIRI STNK MOTOR HILANG KOTA BANDUNG TAHUN 2019

Mau sharing tahapan pengalaman mengurus sendiri (tanpa calo) STNK motor yang hilang di Kota Bandung. Saat mengurus STNK motor yang hilang ini sengaja tidak menggunakan jasa calo karena biayanya lebih mahal hehe.

Yuk langsung aja, tahapannya seperti ini ya :

1. Siapkan Data Kelengkapan Motor.

  • KTP asli dan Foto copy KTP Pemilik Motor
  • Foto copy STNK
  • BPKB asli dan Foto copy BPKP

2. Minta Persyaratan Duplikat STNK
Karena masih awam mengenai prosedur pengurusan STNK hilang, jadi waktu itu langsung ke Samsat Bandung Timur (alamat pemilik motor di daerah Bandung Timur) ke bagian Informasi. Di bagian informasi langsung diberi persyaratan untuk duplikat STNK. 

3.  Buat Iklan Kehilangan di Tiga Buah Koran Lokal Kota Bandung
Waktu itu pembuatan iklan di PT Balai Iklan Jl Kopo no 304 Bandung. Isi dari iklan ini menyatakan bahwa telah kehilangan STNK motor plat nomor sekian dan kontak kita jika STNK ditemukan.
Di PT Balai Iklan sudah ada paket 3 surat kabar mana yang mau dipilih dan biayanya juga berbeda-beda. Saya pilih paket yang paling murah 76rb (Radar Bandung dll). Paket Pikiran Rakyat, Galamedia, Tribun lebih mahal sekitar 100rb.
Gunting potongan iklan dan simpan beserta kuitansi pembayaran iklan.

4. Pergi ke Polrestabes Bandung Jl Jawa No 1 Bandung
Di Polrestabes ini dibuatkan surat laporan kehilangan STNK biayanya gratis. Dokumen yang harus dibawa adalah potongan iklan, fotocopy STNK,  BPKB asli+copy, fotocopy KTP

5. Pergi ke Unit Reskim Polrestabes Bandung Jl Jawa No 1 Bandung
Di Unit Reskrim dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) sebagai surat pengantar ke Polda. Dokumen yang harus disiapkan potongan iklan, surat laporan kehilangan, fotocopy STNK, BPKB asli+copy dan fotocopy KTP. Pembuatan BAP ini sebenarnya gratis tapi bayar seikhlasnya sekitar 20rb.

6. Pergi ke Polda Jabar Jl Soekarno Hatta no 748 Gede Bage Bandung
Di Polda dilakukan pemeriksaaan data motor di komputer apa sesuai dengan data yang ada atau tidak. Dokumen yang harus disiapkan potongan iklan, surat laporan kehilangan, BAP, fotocopy STNK, BPKB asli+copy dan fotocopy KTP.  Di Polda ini juga dibuatkan surat pengantar dari Polda ke Samsat. Biayanya sebenernya gratis tapi lagi-lagi bayar seikhlasnya saja sekitar 20rb.

7. Pergi ke Samsat untuk Cek Fisik Kendaraan
Di Kantor Samsat ambil formulir cek fisik lalu ngantri untuk cek fisik kendaraan. Saat cek fisik akan dilakukan penggesekan nomor rangka dan nomor mesin motor. Biaya cek fisik gratis tapi akhirnya bayar seiklasnya sekitar 10rb.

8. Pergi ke Gudang Arsip Samsat
Di gudang arsip hanya memperlihatkan kelengkapan dokumen poin 6 dan 7, setelah lengkap berkas akan distempel dan kita dapat mengambil formulir pendaftaran duplikat STNK. Biayanya gratis.

9. Pergi ke Loket Pendaftaran
Setelah mengisi fomulir selanjutnya pergi ke loket pendaftaran dengan membawa semua dokumen yang sudah distempel. Selanjutnya akan dipanggil ke kasir untuk pembayaran duplikat STNK sebesar 100rb, Alhamdulillah proses duplikat telah selesai. Setelah itu diberikan resi untuk pengambilan STNK.

Alhamdulillah begitulah tahapan pengurusan STNK yang telah selesai dilakukan agak ribet memang. Total pengurusan dokumen kurang lebih 3 hari sampai terbit resi pengambilan STNK motor. Biaya secara resmi total 76rb+100rb, biaya lain-lain itu biaya seikhlasnya yang sebenernya ga usah dibayar juga gapapa. Semoga kedepannya proses pengurusan STNK hilang ini bisa dilakukan di satu pintu Samsat saja jadi tidak perlu bolak balik kesana kemari. Aamiin

Semoga bermanfaat ya :)



13 comments:

  1. di PT Balai Iklan berkas apa aja yg harus dibawa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gan, KTP asli dan Foto copy KTP Pemilik Motor
      Foto copy STNK
      BPKB asli dan Foto copy BPKP

      Delete
    2. Klo misalnya ga ada ktpnya gimana? Soalnya ini beli motor dr pihak pertama

      Delete
    3. Wah kurang tahu gan. Mungkin kalau untuk iklan selain BPKB bisa menunjukkan kuitansi pembayaran juga, karena memang gatau kan siapa pemilik awalnya. Bisa tanya ke biro iklannya yaa, untuk lebih jelas.

      Delete
  2. Kalau gada fotocopy stnk nya gmna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja dulu dengan BPKB asli dan foto copy BPKB gan

      Delete
  3. Banyak bayar seikhlasnya ya? :)) :)) :))

    ReplyDelete
  4. kak, format materi iklannya kita yang bikin ?
    itu 3 surat kabar biaya pasang hanya sekitar 76 - 100 ribu
    boleh minta contoh materi iklan yang udah berhasil tayangnya blom kak,.. kebetulan stnk saya hilang

    ReplyDelete
  5. Terimakasih artikelnya sangat membantu, kebetulan stnk sy hilang juga

    ReplyDelete
  6. Maaf mau nanya barangkali ada yg bisa bantu jawab..trimakasih sebelumnya..
    Stnk sy hilang rencana mau sy coba urus sendiri karna lewat calo mahal sampe 700rb. Jadi data yg sudah ada stnk dan bpkb foto kopi yg sudah di legalisir sama lising berikut surat keteranganya karna motor di sekolahkan lagi..trus surat kehilangan dari polsek setempat ktp pemilik asli ada yang mau saya tanyakan? 1. Dokumen apa lg yg perlu sy bawa ( yg kurang )
    2. Motor st berasal dari daerah bandung kota sedangkan sy dapet beli di orang pertama sedangkan sy tinggal di wilayah kab bandung barat apa cukup dengan dokumen yg sy sebutkan di atas.apa cukup dengan surat kehilangan dari polsek saja?
    Barang kali agan2 ada yg lebih berpengalaman dokumen apa saja yg musti sy siapkan agar tidak bolak balik nantinya. Sekian dan trimakasih banyak yg udah bantu jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. STNK BPKB legalisir, KTP Asli dan copy Pemilik, Surat kehilangan dari polsek, KTP asli dan copy Agan juga. Terus jangan lupa buat surat pengumuman kehilangan di koran, itu juga syarat wajib. Semoga lancar ya maaf baru balas

      Delete