Senin, 13 Januari 2020

Pengalaman Cacar Air Pada Anak Balita

Bulan November 2019 dan Awal Desember 2019 dua karyawan saya terkena cacar. Segala usaha sudah saya dan suami lakukan agar tidak ada lagi yang tertular, ceritanya bisa lihat di blog suami. Namun qadarullah akhir Desember 2019 anak pertama saya tertular cacar, disusul saya terkena cacar dan terakhir anak kedua saya juga ikut tertular cacar :(

Kali ini saya akan bahas proses dan pengobatan cacar pada kedua anak saya (Abang Dipa 2,5th dan Adek Huda 1,5th). Cerita cacar yang saya alami nanti dibahas terpisah ya!

Gejala Cacar

Bintik cacar air keluar di Abang itu tanggal 22 Desember 2019, kurang lebih dua minggu setelah kontak dengan karyawan saya yang terkena cacar. Jadi menurut dokter virus cacar itu mengalami inkubasi selama 2-14 hari  di tubuh penderita. Setelah pertama kali kontak dengan penderita cacar, virus cacar sudah menempel di tubuh kita, namun gejala sakit cacar baru bisa muncul 2-14 hari kemudian tergantung dari daya tahan tubuh penderita. Penularan cacar terjadi sangat cepat dan bisa terjadi via udara dan air liur. Bintik cacar air pada adek pun muncul kurang lebih 2 minggu setelah abang positif cacar.

Gejala yang dialami dua anak saya sebelum muncul bintil pertama adalah demam. Tapi tidak perlu khawatir karena demamnya tidak tinggi. Pada adek disertai rasa gatal ingin menggaruk badan namun pada abang biasa saja. Bintil yang muncul di awal-awal 2-3 buah dan berair.

Berobat Ke Dokter

Oia kedua anak saya sebelumnya tidak di-vaksin cacar ya, karena anak-anak hanya vaksin yang dasar saja. Hehe. Saat pertama bintil berair muncul saya langsung bawa abang ke DSA. Abang diperiksa dan dinyatakan positif cacar air. Penyakit ini merupakan penyakit yang wajar pada anak jadi tidak perlu khawatir. Semakin muda usia anak terkena cacar biasanya penyakitnya pun semakin ringan.

Obat yang dikasih dari dokter :
1. Salep Acyclovir
Salep ini digunakan 2x sehari, gunanya agar bintil cacar cepat kering. Salep ini harganya bervariatif dari 7000-40.000/tube, untuk harga yang paling murah itu keluaran generik. Karena pengalaman kemarin bisa habis sampai 4 tube maka cari yang murah saja. 

2. Obat Anti Virus Acyclovir 250mg
Obat ini diminum 4x sehari setiap 5-6 jam. Khasiat obat ini agar cacar tidak tambah banyak. Waktu itu abang dikasih resep untuk 5 hari dan harus habis. Harganya sekitar 25.000 untuk 20 tablet, murah kok.

3. Imboost Force Kids Syrup untuk menambah imunitas anak harga kurang lebih 40.000/botol

Karena cacar menular maka dokter menyarankan agar anak diisolasi sampai cacar benar-benar kering dan mengelupas. Jika sudah mengelupas dan berganti kulit baru kemungkinan virus cacar sudah tidak akan menular lagi. Dokter juga tetap menyarankan agar anak tetap mandi air hangat agar kuman tidak menempel, namun harus hati-hati agar cacar tidak pecah sendiri dan menyebar ke seluruh tubuh.

Berdasarkan pengalaman abang, maka ketika adek positif cacar tidak saya bawa ke dokter hehe. Untuk salep dan obat tetap saya kasih seperti abang hanya dosisnya dikurangi sedikit :)

Fase Cacar

Alhamdulillah ternyata cacar yang anak-anak alami termasuk cacar yang ringan. Bintiknya memang ada di seluruh tubuh tapi tidak terlalu banyak. Untuk abang malah tidak begitu gatal sehingga abang bisa bermain di rumah dan tidur nyaman seperti biasa. Tapi untuk adek lumayan gatal karena dia sering garuk- garuk sendiri, pada malamnya juga gak bisa tidur karena agak demam dan gatal. 

Fase cacar yang dialami kurang lebih seperti ini :

Hari pertama : Demam dan muncul bintil pertama
Hari kedua : Langsung muncul banyak bintil baru 
Hari ketiga : Bintil baru masih muncul
Hari keempat :  Sebagian Bintil mulai menghitam
Hari kelima : Bintil menghitam dan tidak muncul lagi bintil baru
Hari keenam - selesai : Bintil mengelupas dan ganti kulit baru
- Di abang semua bintil mengelupai dan ganti kulit hingga hari ke empat belas
- Di adek, karena cacar yang keluar lebih sedikit lagi, semua bintil mengelupas dan ganti kulit hingga hari ke delapan. 

Hari Pertama

Hari Kedua
Hari Keempat

Alhamdulillah dalam kurang dari 2 minggu cacar sudah mengelupas semua dan abang adek sudah bisa main dengan teman-temannya. Semoga hanya 1x aja ya sakitnya dan ketika besar abang adek gak kena cacar lagi. Aamiin 

Sekian, semoga bermanfaat ya :)












Tidak ada komentar:

Posting Komentar