Kamis, 23 Januari 2020

Pengalaman Belajar Skincare Dasar Untuk Pemula

Bismillah. Menjelang usia 30th, saya rasa kok kulit wajah udah ga begitu kenceng dan kerasa kusem. Apalagi suami suka bandingin kulit wajah saya dengan kulit bayi, kan jadi kesel wkwk. Dengan permasalahan ini saya rasa sekarang butuh rutin skincare, biasanya cuma cuci muka dengan Ponds aja. Make up pun gak jauh dari bedak dan lipstick.

Setelah googling website Female Daily, youtube Skincare 101 Affi Assegaf, youtube Suhay Salim dan beberapa blog lainnya akhirnya saya mulai beli produk yang direkomendasikan dan harganya yang cocok di kantong. Ini resume tahapan skincare yang saya pahami ya.

Double Cleansing


Double cleansing adalah step pertama dari tahapan skincare, yaitu membersihkan muka dengan dua produk untuk membersihkan muka dan membersihkan kotoran secara maksimal dan efektif. Pertama dengan produk first cleanser (make up remover), kedua dengan produk face wash. 

1. First Cleanser

Produk first cleanser biasanya berbasis minyak (oil base) seperti cleansing oil, cleansing milk, dan cleansing cream. Fungsi dari produk ini untuk membersihkan make up dan debu/kotoran yang menempel di wajah. Ini juga berfungsi agar wajah terhindar dari penyumbatan sisa make up ke pori-pori wajah. Cara menggunakannya langsung digunakan ke wajah tanpa perlu wajah dibasuh air terlebih dahulu. Fist cleanser ini dipakai hanya pada malam hari setelah selesai beraktivitas.

Produk yang saya coba untuk tahapan first cleanser ini adalah Biore Cleansing Oil 
Harga Rp 77.500/150 ml


2. Face Wash

Produk Face wash berfungsi untuk mengangkat sisa make up, debu, kotoran dan residu dari produk first cleanser. Membersihkan wajah dengan face wash dilakukan pada pagi dan malam (setelah first cleanser). Produk yang biasanya saya gunakan adalah Ponds Face Wash namun akhir-akhir ini saya merasa kulit muka lebih kering dan ketarik. Akhirnya setelah lihat review sana sini saya beralih ke Senka Perfect White Face Wash.

Senka Perfect White Face Wash
Harga Rp 49.000/120 gr


Moisturizing


Produk moisturizer berfungsi untuk mengunci permukaan kulit untuk mencegah kelembaban kulit. Sedangkan produk Hydrating berfungsi untuk meningkatkan kandungan air di dalam kulit. 
Produk Hydrating/moisturizing dipilih sesuai dengan kondisi kulit. Produk Hydrating bisanya dipakai untuk kulit kering dan dehidrasi.

Karena kulit saya tidak begitu mengalami dehidrasi saya coba produk moisturizing saja.
NATURE REPUBLIC Aloe Vera 92% Soothing Gel 
Harga Rp 90.000/300 ml



Protecting


Produk protecting berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yaitu sunscreen. Sinar matahari terdiri dari sinar UVA dan UVB. Sinar UVA yang menyebabkan penuaan kulit dan sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar. Nah dalam memilih sunscreen, pilih yang terdapat SPF untuk melindungi sinar UVB dan PA untuk melindungi sinar UVA.

Semakin tinggi angka SPF maka menunjukan ketahanan kulit terlindungi berapa lama. Contoh :

  • Produk yang mengandung SPF 30, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 30 = 300 menit atau 5 jam
  • Produk yang mengandung SPF 50, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 50 = 500 menit atau 8 jam lebih.

Oleh karena itu jika durasi ketahanannya sudah habis maka perlu dilakukan pengulangan (re apply) pemberian sunscreen di wajah.

Untuk PA, semakin banyak tanda "+" pada produk sunscreen menunjukkan semakin tinggi perlindungan produk tersebut terhadap radiasi sinar UVA.

Oia untuk ibu-ibu yang seharian hanya di rumah juga tetap harus pakai sunscreen ya.

Product sunscreen saya gunakan Loreal UV Perfect Super Aqua Essence
Harga Rp 79.000/30 ml


Selain tiga tahapan di atas sebenernya ada tahapan EXFOLIATING dan TREATMENT tapi belum saya pelajari lebih lanjut lagi. Saya coba konsisten tiga tahapan di atas dan lihat dulu hasilnya. Hehe Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar