Sabtu, 30 Mei 2020

Membiasakan sholat dhuha di kantor

Awal Januari 2020 ada inovasi baru di Bajuyuli yaitu launching Buku Dhuha. Buku dhuha adalah buku monitoring Sholat Dhuha karyawan @bajuyuli. Kegiatan sholat dhuha ini tidak wajib, tapi karyawan wajib isi buku ini jika sholat/tidak sholat dhuha. Bagi karyawan yang mau sholat dhuha dipersilakan sholat dhuha tanpa khawatir harus meninggalkan pekerjaan. 

Inovasi ini untuk membiasakan karyawan untuk sholat dhuha walaupun tidak ada kewajiban/paksaan. Setelah berjalan beberapa bulan alhamdulillah respon dari karyawan positif. Ada karyawan yang sebelumnya tidak pernah sholat sunnah jadi mulai terbiasa sedikit sedikit. Ada yang memang sudah biasa sholat sunnah jadi semakin rajin. Ada yang memang tidak mau sholat sunnah ya tidak apa-apa. Semoga semua ini bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah dan menambah berkah untuk @bajuyuli dan untuk kita semua :)

"Kekasihku (Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam) mewasiatkan aku tiga perkara: puasa tiga hari di setiap bulan, dua raka’at shalat dhuha dan shalat witir sebelum tidur” (HR. Bukhari no. 1178, Muslim no. 721)

Berikut keutamaan sholat sunnah dhuha.

1. Bersedekah seluruh persendian dengan sholat dhuha

"Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at” (HR. Muslim no.  720)

2. Dicukupkan urusannya di siang hari 

Allah Ta’ala berfirman: "Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad (5/286), Abu Daud no. 1289, At Tirmidzi no. 475, Ad Darimi no. 1451 . Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Semoga kita selalu meningkatkan ibadah kita dan semoga Allah selalu mempermudah urusan kita.  Aamiin ya Rabb. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar