Senin, 25 Mei 2020

Ramadhan dan Lebaran 1441 H (2020) di tengah pandemi covid-19

Bismillah 
Ada yang berbeda di Ramadhan tahun ini. Karena ada pandemi covid-19 dan mesjid-mesjid ditutup berdampak juga pada pelaksanaan ibadah ramadhan 1441 H. MUI sudah mengeluarkan fatwa sehingga tidak ada sholat tarawih berjamaah di mesjid, tidak ada itikaf di mesjid, tidak ada buka dan sahur berjamaah, semua dilaksanakan di rumah. 

Awal-awal ramadhan dan mulai PSBB suasana sangat sepi, penjual takjil juga sangat sedikit. Sedih rasanya. Tapi lama kelamaan pertengahan ke akhir ramadhan, PSBB mulai melonggar, sehingga mulai banyak penjual dan pembeli takjil dimana-mana. Ada beberapa toko non pokok yang mulai buka, namun tetap mendapat kecaman dari petugas disuruh tutup. Wallahualam. 

Akhirnya sampailah kita semua di Idul Fitri 1441 H yang jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020. Gema takbir berkumandang tapi tidak ada pelaksanaan sholat berjamaah di lapangan atau di mesjid. Tidak ada euforia mudik. Silaturahmi dilakukan via video call semua. Sendu tapi harus semangat dan banyak bersyukur karena alhamdulillah Allah masih beri nikmat sehat, nikmat rezeki dan nikmat semua :)

Taqabalallahu minna waminkum. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Aamiin ya Rabb :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar