Selasa, 09 Juni 2020

Pengalaman Melatih Anak Terbiasa Bangun Pagi

Hayoo siapa disini yang anaknya susah bangun pagi? Pasti gemes kan bunda kalau anak-anak susah dibangunkan untuk sholat, mandi, dan berangkat sekolah. Alhamdulillah kedua anak saya (3th dan 1,5th) dari masih bayi sudah terbiasa bangun pagi  (adzan subuh). Jadi kali ini saya mau sharing pengalaman melatih anak agar terbiasa bangun pagi.


Sumber Foto : Google


1. Biasakan makan malam tepat waktu

Biasakan anak-anak sudah selesai makan malam maksimal pukul 19.00. Jika sudah kenyang maka biasanya anak lebih mudah mengantuk. Selain itu, jika sudah makan malam maka tidurnya akan lebih nyenyak dan tidak akan kebangun tengah malam karena lapar. 

Untuk anak yang masih bayi pun saya biasakan setelah magrib/isya menyusu. Biasanya kalau bayi sudah menyusu akan lebih kenyang dan mudah tertidur juga. Hati-hati jangan sampai ibunya juga ikut tertidur hehe.

2. Biasakan anak tidur tidak terlalu malam

Kalau pengalaman saya, anak-anak paling malam tidur itu pukul 20.00 WIB. Dari bada isya, anak-anak sudah saya bawa ke tempat tidur. Diajak ngobrol dan baca buku. Alhamdulillah kebiasaan sejak bayi berlanjut hingga saat ini dan efektif membuat bayi ngantuk. 

Oia jika sore hari anak-anak terlihat mengantuk, jangan langsung diajak tidur ya. Lebih baik paksakan untuk main lagi, sehingga anak kembali terjaga. Setelah mandi, makan malam baru ajak tidur. Biasanya langsung terlelap. 


3. Contohkan oleh orang tua

Alhamdulillah dari sekitar dua tahun terakhir, saya dan suami sudah mulai membiasakan diri untuk sholat di awal waktu. Suami pun sudah terbiasa ketika adzan langsung ke mesjid. Begitupula dengan sholat subuh. 

Ingat anak-anak peniru yang ulung. Jika kita ingin anak-anak bangun pagi maka orang tua yang harus pertama kali mencontohkan. Hal ini memang berat. Tapi yakinlah kalau manfaat yang didapat jauh lebih besar.  

Alhamdulillah anak sulung saya selalu bangun ketika adzan subuh. Saat puasa  bahkan selalu ikut sahur. Pernah beberapa kali malah saya yang dibangunkan oleh anak saya, "Bu adzan, sholat" Masya Allah.

4. Manfaat Bangun Pagi

Bangun pagi ini sangat banyak manfaatnya. Anak lebih fokus, anak sudah terbiasa/siap untuk berangkat sekolah, anak tidak rewel karena jam tidur yang cukup, bagus untuk perkembangan otak, dlsb. Pasti tidak akan rugi.

Yuk biasakan anak bangun pagi !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar