Kamis, 27 Februari 2020

Pengalaman rekreasi ke Dufan tahun 2019 dengan rombongan tanpa jasa travel, bisa banget!

Bismillah mau sharing gathering Bajuyuli Desember 2019 dari Bandung ke Dufan tanpa jasa travel. Kalau mau rekreasi rombongan seperti itu pasti mikirnya langsung hubungi jasa travel biar praktis, itu juga yang saya lakukan survey harga beberapa jasa travel. Harga yang ditawarkan travel memang bervariatif dari yang masuk budget sampai melebihi budget. Tapi ternyata kebijakan dari semua travel hampir sama, H-3 data peserta sudah FIX tidak boleh berubah. Kalau ada yang cancel hari H uang tidak bisa diambil, dianggap hangus.  Mengingat ketidakpastian karyawan ikut gathering sangat besar, akhirnya saya putuskan untuk mengurus sendiri gathering ini oleh panitia saja tanpa sewa jasa travel. Ternyata mengurus sendiri itu bisa banget juga lebih murah pastinya.

Rombongan @bajuyuli

1. Estimasi Jumlah Peserta


Hal pertama yang dilakukan adalah hitung estimasi jumlah peserta, tujuannya agar tahu harus pesan bis kapasitas berapa, jumlah makanan, dan jumlah tiket. Berdasarkan estimasi awal data karyawan Bajuyuli yang ikut gathering sekitar 30 orang. Ini sudah cukup untuk memenuhi kuota tiket rombongan di dufan yaitu minimal peserta 25 orang.

2. Booking Bus Pariwisata


Karena bulan Desember waktunya liburan anak sekolah, jadi pesan bus harus dari jauh hari. Tapi jujur kemarin agak telat pesan busnya sehingga harga yang didapat lebih mahal. Waktu itu kami pesan bus pariwisata medium 35 seat karena khawatir ada karyawan yang tiba-tiba mau ikut sebelum hari H. Kenyataannya bus kosong hahaha karyawan yang ikut bus jadinya hanya 26 orang. Kebayang kan kalau pakai jasa travel, tidak bisa refund!

Perkiraan Harga Sewa Bus dari Bandung

3. Pesan Tiket Masuk Dufan


Untuk pesan tiket rombongan ke Dufan bisa langkung ke marketing Dufan Ibu Nita +62 812-9607-2714. Nomor bu Nita juga saya dapet setelah telpon call centre Ancol jadi bisa dipercaya. Untuk info tiket masuk Dufan didapat dari bu Nita, ataupun bisa cek langsung https://www.ancol.com/id/ticket


Tiket masuk Dufan


Alur pemesanan tiket rombongan ke marketing Dufan
- Booking tanggal dan sebutkan jumlah peserta
- Terbit invoice pembayaran tiket masuk
- Pembayaran langsung lunas H-2 
- Jika ada penambahkan peserta masih bisa H-1 dan langsung dibayar lunas saat H-1 juga
- Setelah pelunasan pihak Dufan akan mengirimkan voucher tiket masuk Dufan yang nanti pada saat hari -H bisa ditukar dengan tiket Dufan di loket pembelian dan dibagikan ke masing-masing peserta


4. Pesan Makan Siang/Makan Malam


Jika berangkat dengan rombongan pasti bingung kan makannya gimana kalau gak pakai jasa travel. Ternyata rombongan bisa pesan makan siang/malam juga ke Marketing Dufan ini. 

Alur pemesanan makan siang/makan malam ke Marketing Dufan
- Pihak Dufan menawarkan brosur menu makanan beserta harganya
- Pilih menu beserta jumlahnya, oia minimal pesan makanan untuk 30 orang ya
- Pembayaran langsung lunas H-2 
- Setelah pelunasan pihak Dufan akan mengirimkan voucher makanan yang nanti pada saat hari -H bisa ditukar dengan voucher makan dan dibagikan ke masing-masing peserta

Waktu itu saya pesan nasi box untuk makan siang dan makan malam 
- Makan Siang Menu Nasi+ayam+kering tempe+bihun+air gelas harga Rp 27.000/porsi
- Makan malam menu paket super bento (seperti Hoka-hoka bento) harga Rp 29.000/porsi

Untuk makanannya nanti diambil/ makan langsung di Super Resto yang terletak di deket wahana Hysteria. Makanannya enak porsinya juga cukup banyak jadi puas :)

Restoran Super Resto

Paket makan malam yang dipilih



5. Kesimpulan


Rekreasi ke Dufan tanpa jasa travel ternyata memang jauh lebih murah tapi karena ngurus sendiri jadi mungkin kurang praktis. Buat saya gathering tanpa jasa travel memang best deal banget untuk menghemat anggaran. Gathering kemarin realisasi biaya per orangnya Rp 375.000,00 sudah termasuk tiket masuk, makan+snack+minum 2x. biaya bus dan tol parkir.


Realisasi Rincian Harga Dufan/orang
Dufan 209,000
Makan 2x56,000
Snack 2x12,000
Minum 2x5,000
Bus 75,000
Tol Parkir18,000
Total 375,000

Jika menggunakan jasa travel dengan item yang sama setelah disurvey sekitar Rp 350.000 - Rp 450.000,00 per orang. Dengan batasan H-3 harus lunas semua dan tidak bisa refund jika ada yang batal. Hehehe

Semoga bermanfaat ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar