Jumat, 03 April 2020

Pengalaman daftar BPJS kesehatan tahun 2020

Bismillah
Karena tahun 2020 ada kenaikan iuran BPJS Kesehatan, akhirnya Bajuyuli putuskan kasih tunjangan BPJS Kesehatan untuk karyawan. Alhamdulillah beberapa karyawan memang sudah memiliki kartu BPJS kesehatan, untuk karyawan yang belum punya BPJS kesehatan juga bisa didaftarkan secara online.

Sebelum melakukan pendaftaran, saya sudah minta HR untuk rangkum apa saja persyaratannya sehingga memudahkan karyawan akan mendaftar. Tapi ternyata banyak aturan-aturan yang baru diketahui saat HR Bajuyuli melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan. Informasi aturan baru tidak dijelaskan di website https://bpjs-kesehatan.go.id sehingga HR bolak balik konfirmasi ke Call Centre BPJSnya. Fyuuuh. Berikut pengalaman daftar BPJS kesehatan karyawan Bajuyuli.

Daftar BPJS Kesehatan Secara Online


  1. Siapkan berkas Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), kartu NPWP, alamat email serta nomor handphone aktif
  2. Buka halaman website BPJS  Kesehatan  
  3. Isi data yang telah disediakan dengan benar, mencakup data diri serta pilihan kelas yang ditawarkan, alamat lengkap, fasilitas kesehatan, dan lainnya
  4. Untuk pendaftaran secara online, hanya bisa menggunakan rekening tabungan BNI(konvensional)/ Mandiri/ BCA/BRI. Dapat juga memilih opsi pembayaran autodebet melalui aplikasi pembayaran online Mobile Cash
  5. Simpan serta tunggu email notifikasi nomor registrasi di email. 
  6. Setelah dapatkan notifikasinya, print lembar pembayaran
  7. Bayar lalu didapat kartu BPJS kesehatan  

Poin no 4 termasuk aturan baru dalam daftar BPJS Kesehatan. Jika dulu bisa bayar BPJS di alfamart langsung, skg harus punya rekening BCA/Mandiri/BNI/BRI/aplikasi mobile cash. Karena kedepannya BPJS akan autodebet dari rekening/aplikasi mobile cash tersebut.

Untuk masyarakat yg awam dengan rekening/aplikasi smartphone pasti merasa kesulitan. Bank yang ditunjuk pun bank tertentu yang sudah bekerjasama dengan BPJS. Praduga saya peraturan ini ditetapkan untuk mengurangi tunggakan BPJS. Tapi ya bismillah dan jalani saja prosedurnya. Toh manfaat BPJS Kesehatan lebih besar dibanding keribetan di awal pendaftaran. Jadi tetap semangat ya :)

Daftar BPJS Kesehatan Secara Offline



  1. Siapkan fotokopi KK, KTP
  2. Diwajibkan untuk mempunyai rekening tabungan BNI (konvensional)/BCA/Mandiri/Mandiri dikarenakan pembayaran kedepannya hanya akan menerima autodebet dari bank tersebut.
  3. Rekening yang digunakan bisa atas nama kepala keluarga ataupun anggota keluarga lainnya yang masih tercantum dalam satu kartu keluarga.
  4. Datangi kantor BPJS Kesehatan terdekat dari rumah
  5. Ambil dan isi formulir pendaftaran 
  6. Ambil nomor pendaftaran dan tunggu dipanggil
  7. Setelah dipanggil Anda akan diberi virtual account untuk pembayaran
  8. Lakukan pembayaran 
  9. Kembali ke kantor BPJS Kesehatan dengan menyerahkan bukti transfer, lalu tunggu hingga kartu BPJS Kesehatan selesai dicetak

Bedanya dengan pendaftaran online. Untuk pendaftaran secara offline tidak ada opsi pembayaran dengan aplikasi mobile cash. Prosedur lainnya tetap sama. 

Semoga bermanfaat ya dan sehat selalu :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar