Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kamis, 29 Juli 2021

Review Aplikasi Dagangan : Belanja Sembako dan Kebutuhan Harian Online Bandung

 

belanja sembako dan kebutuhan harian di aplikasi dagangan


Siapa yang sejak masa pandemi corona jadi suka belanja sembako dan kebutuhan harian secara online? Tooos dulu dong hehe! 

Sejujurnya saya termasuk orang yang menikmati belanja bulanan langsung di supermarket hihi. Cukup menghabiskan 1-2 jam belanja dan kebutuhan harian sudah terpenuhi. Tapi karena takut terpapar virus dan mengikuti anjuran pemerintah, jadinya belanja sembako dan kebutuhan harian juga harus dilakukan secara online #dirumahaja. 

Karena kebutuhannya yang cukup banyak, untuk belanja kebutuhan harian ini saya lebih memilih belanja dari satu wilayah yang sama. Alasannya biar hemat ongkir. :p Alhamdulillah di Bandung Raya sudah banyak aplikasi yang menyediakan produk sembako dan kebutuhan harian online. 

Beberapa hari yang lalu saya coba belanja sembako di Aplikasi Dagangan. Meskipun aplikasi ini terbilang baru dibanding aplikasi lain, tapi alhamdulillah sangat terpercaya. 

Nah, di artikel ini saya mau review pengalaman saya berbelanja sembako di aplikasi Dagangan ya, semoga bermanfaat. :)


Download Aplikasi di Playstore


Jika lihat data di Playstore, aplikasi Dagangan ini baru release bulan Oktober 2020. Masih terbilang baru, tapi aplikasi ini sudah berhasil di-download oleh 1000+ pengguna. 

Rating aplikasinya 4.4/5, cukup OK. Menurut teman saya pengguna IOS, aplikasi Dagangan ini belum ada di IOS, jadi hanya bisa di-download di Playstore. Harap sabar hehe.

Download aplikasi dagangan di playstore


Kategori Produk Aplikasi Dagangan


Produk yang dijual di aplikasi Dagangan ini beraneka macam mulai dari sembako, cemilan, sayur, buah, bumbu dapur, frozen food, daging ayam, telur, alat mandi, popok bayi, dan lain-lain. Teman-teman bisa cek sendiri ya di aplikasinya, lengkap banget hehe.

Variasi merk untuk satu produk lumayan banyak. Ketika ingin membeli minyak goreng, terdapat beberapa pilihan merk seperti Sania, Tropical, Sovia, Sedaap, Filma, dan Sunco. Biasanya saya pilih merk yang paling banyak diskonnya, ada yang gitu juga gak? :p

Tapi tidak semua produk terdiri dari berbagai macam varian ya. Ketika ingin membeli beras, ternyata hanya ada dua pilihan Anak Raja dan Rojo Lele. Tidak ada merk Pandan Wangi atau Setra Ramos yang biasanya ada di supermarket.

Dengan bermacam-macam produk yang dijual dalam aplikasi Dagangan alhamdulillah mempermudah kita sebagai customer untuk belanja kebutuhan harian, jadi gak perlu mampir-mampir cari lagi ke toko yang lain deh. Semoga variasi produk yang dijual lebih banyak lagi. 


kategori produk aplikasi dagangan

Gratis Ongkir  


Gratis ongkir memang salah satu fitur yang paling diminati dalam belanja online. Bayangkan saja kalau dalam belanja online, harga ongkos kirim lebih mahal dibanding harga barang yang dibeli, pasti customer juga mikir berkali-kali lipat. :p

Di aplikasi Dagangan ini juga terdapat fitur gratis ongkir. Kita tidak perlu ribet-ribet memasukan kode voucer untuk mendapat gratis ongkir, dengan minimal pembelanjaan Rp 60.000,00 otomatis ongkos kirim gratis. 

Belanja sembako dan kebutuhan harian seperti beras, nugget, minyak, teh, gula, dan mie instan sudah otomatis gratis ongkir karena nominalnya lebih dari Rp 60.000,00. 

belanja sembako di aplikasi dagangan



COD Bayar di Tempat


Hal menarik lain dari aplikasi Dagangan ini adalah metode pembayarannya hanya bisa COD (cash on delivery) atau bayar ketika barang sudah sampai di tujuan. Tidak ada metode lain seperti transfer ke bank/virtual account/e-wallet/bayar ke gerai/kartu kredit, dlsb. 

Disinilah kepercayaan antara customer dan seller dipertaruhkan.

Tahun lalu ketika metode COD mulai booming lagi di marketplace, saya sempat berpikir apa memang metode COD ini perlu ada? Bukannya dengan berkembangnya dunia digital, masyarakat yang memiliki online payment seharusnya semakin banyak?

Pembayaran metode COD bisa aja mengakibatkan gagal bayar dengan berbagai alasan.  Alamat customer susah ditemui, customer tidak ada di tempat, belum lagi kalau customer tiba-tiba tidak ada uang.

Tapi setelah dipikir-pikir lagi, COD lebih banyak banget manfaatnya. Siapapun jadi bisa belanja online. Bisa meningkatkan penyerapan bisnis secara nasional. Meningkatkan penyerapan barang. Juga belanja online mendukung program pemerintah untuk social distancing.

Semoga kedepannya metode pembayaran aplikasi Dagangan juga lebih banyak variasinya. COD tetap ada, tetapi ditambah juga pembayaran dengan yang lain.


metode pembayaran aplikasi dagangan


Pengiriman H+1


Pesanan produk sebelum jam 17.00 akan dikirimkan esok harinya, cepat banget kan! Hari minggu dan tanggal merah libur pengiriman. Jadi sebaiknya direncanakan ya, jika teman-teman ingin membeli sembako dan kebutuhan harian saat weekend. 

Di aplikasi Dagangan juga teman-teman bisa langsung memantau status pesanan ya. Mulai dari konfirmasi pesanan, pesanan diproses, pesanan dikirim dan barang diterima.


status pengiriman aplikasi dagangan


Pengiriman oleh Kurir



Saat barang hendak dikirimkan ke lokasi tujuan kita, kurir aplikasi Dagangan akan mengirimkan notifikasi via WA kepada kita. Ini sangat memudahkan kita untuk komunikasi dengan kurir. 

Jika kita sedang tidak ada di tempat jadi bisa kasih kabar selanjutnya ke kurir. Apakah barang mau dititip tetangga, disimpan depan pintu, disimpan di tempat tersembunyi, atau disimpan di keranjang sepeda anak. Ehhh yang terakhir sih seringnya pesanan saya wkwk. 


pengiriman aplikasi dagangan dengan kurir


Jangkauan Wilayah Antar


Di menu alamat pengiriman, terdapat pilihan beberapa kota di Jawa Barat.  Tetapi jangkauan wilayah antar aplikasi Dagangan ini baru bisa wilayah Bandung Raya dan Cimahi ya. 

Semoga kedepannya cakupan wilayah antar semakin luas! Sehingga semakin banyak yang terbantu dengan aplikasi Dagangan ini aamiin. 

jangkauan wilayah antar aplikasi dagangan


Penutup


Overall saya puas dengan pelayanan aplikasi Dagangan dan sangat recommended. Harga sembako dan kebutuhan harian bersaing. Kalau mau dapat harga lebih murah bisa manfaatkan promo-promo yang sedang berlangsung di aplikasi Dagangan. 

User experience (UX) aplikasi Dagangan juga sangat baik. Tampilan desain aplikasi minimalis dan tidak memusingkan, sehingga mudah dipahami oleh pengguna baru. Oia saya sempat mengalami kendala ketika pertama kali logout dan ingin login kembali, tapi ternyata masalahnya ada di jaringan handphone saya. 

Buat teman-teman yang ingin belanja sembako dan kebutuhan harian bisa langsung aja download Aplikasi Dagangan di handphone masing-masing yaa.   


p.s Buat yang mau denger suara merdu saya :p bisa ditonton video tutorial cara belanja menggunakan aplikasi Dagangan di bawah ini, singkat dan mudah banget kok. Sampai jumpa! :)



APLIKASI DAGANGAN

Instagram : @daganganindonesia
Download Aplikasi : Aplikasi Dagangan di Playstore










14 komentar:

  1. wah menarik banget ini Teh. Saya karena gak di Indonesia jadi selalu ter-update dengan posting seperti ini karena udah gak tahu apa-apa lagi. Ini aplikasi ini jadinya menghubungkan pelanggan ke toko-toko lokal yang bermacam-macam atau si aplikasi ini juga punya tokonya sendiri ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasinya punya toko sendiri tehh, bukan sistem kaya marketplace Shopee, Tokped, dll yang menghubungkan banyak toko ke customer. Stay safe ya tehh disana.

      Hapus
  2. saya termasuk yang lebih suka belanja online daripada belanja ke pasar. kalau di Chiang Mai bisa COD nya bayar pake kartu debit, jadi pengantarnya bawa2 mesin pembayaran gitu yg kecil. selalu busa bayar asal ada isi rekeningnya hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nice info teh. Di Indonesia itu belum banyak yg berani COD, ya karena resiko yang saya bilang sebelumnya. Banyakan toko besar sih yang berani COD. Kepikiran juga pengantarnya bawa barcode aja biar customer tinggal scan. :D

      Hapus
  3. Makin banyak aplikasi belanja grocery, memudahkan banget apalagi masa pandemi gini. Promonya juga suka bikin ngiler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa tehh. Udah mah mudah, gratis ongkir, murah lagi ya hehhe

      Hapus
  4. Wah trimakasih Yuli atas informasinya. Kondisi pandemi begini memang jasa-jasa seperti ini sangat dibutuhkan.

    Dan, saya baru tahu lho mengenai aplikasi DAGANGAN ini setelah membaca tulisan Yuli.

    Btw, barusan saya cek di app store, pas iseng membaca reviews, ada review Yuli. Ehehe. :)

    Menjawab pertanyaan Yuli, "Biasanya saya pilih merk yang paling banyak diskonnya, ada yang gitu juga gak? :p", wkwkwk waduh kok sama ya. Ini saya banget ehehe. Selama merknya jelas, yang manapun selama diskonnya paling mantabb, pilih yang itu dong, ehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tehhh hehehe. Tim emak-emak pemburu diskon :p

      Hapus
  5. Masya Allah makin keren perkembangan teknologi untuk membantu umkm dan memudahkan pelanggan. Jempol untuk mereka yang mengembangkan aplikasi ini, semoga makin banyak yang meniru di daerah lainnya. Terima kasih reviewnya ya tehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tehh sami-sami :D
      Makin banyak startup-startup lokal yang bermunculan jadi banyak pilihan deh.

      Hapus
  6. Wah makasih infonya Teh. Ada alternative ni untuk kirim belanjaan ke rumah orang tua. Biasanya saya belanja di Griya tapi suka lama banget . Makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami tehhh. Masya Allah teh May, kebayang orang tua kalau udah sepuh mana ngerti aplikasi ya, semoga membantu :)

      Hapus
  7. Terimakasih reviewnya Teh. Jadi tau alternatif lain. Saya sekarang pakai tukangsayur.com dan Happy Fresh buat belanja. Dimana aplikasi yang terakhir suka jadi mahal sih 🤣

    Sayangnya Aplikasi Dagangan ini cuma bisa COD ya heuheu. Cukup menyusahkan buat saya yang sehari hari dompetnya tidak ada isinya 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami tehh. Nah iyaa, buat yang biasa cashless jadi repot. Saya sempet kepikiran kalau belum bisa transfer-transfer gitu, mungkin bisa bawa barcode QRIS juga ya, biar kita tinggal scan. Atau bawa mesin EDC tinggal gesek 😁

      Hapus