Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Jumat, 20 Mei 2022

Mencicipi Makanan Lakso Khas Bangka

Halo maaf lahir batin ya semua :) 

Alhamdulillah Idul Fitri 1443 H/2022 kali ini berbeda dibanding dua lebaran sebelumnya. Tahun ini boleh sholat tarawih di masjid, boleh sholat Ied di lapangan dan boleh mudik! Huhu terharu rasanya. Tahun ini saya dan keluarga juga manfaatkan untuk silaturahmi bersama keluarga besar baik dari keluarga saya ataupun suami. Hati ini rasanya "full" setelah bertemu dan berkumpul dengan sanak saudara yang sudah lama tidak berjumpa, memang benar ada perasaan yang tidak bisa diwakilkan hanya dengan menanyakan kabar via telepon/WA/media sosial ya :")

Saat berkunjung ke rumah paman suami, kami disuguhi makanan lakso khas Kota Bangka. Makanan favorit keluarga suami yang memang berasal dari kota Bangka. Bertepatan dengan Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog tentang makanan khas kota tempat tinggal Mamah, kali ini saya mau berbagi cerita tentang makanan lakso khas Bangka ini ya. 


Mie Lakso Bukan Mie Udon


Mie Lakso 
Sumber gambar : Cipirit.com

Pertama kali melihat mie lakso ini saya langsung terbayang mie udon, bentuknya putih, tebal dan agak lebar. Bedanya mie lakso ini dicetak seperti cetakan kue mayang dan dialasi daun pisang. Pertama kali mencoba oh ternyata rasanya beda jauh dengan mie udon. 

Mie udon yang berasal dari Jepang rasanya lembut dan gurih, kalau mie lakso ini rasanya agak kenyal dan gurih. Setelah ditelusuri, bahan utama mie lakso ini adonan tepung beras dan sagu. Pantas lebih kenyal dibanding mie udon yang hanya terbuat dari tepung terigu.


Mie Udon Jepang
Sumber gambar : Pixabay/syusyu


Lakso Bangka Bukan Laksa Singapura


Mie Sedap Laksa Singapore
Sumber gambar : klikindomaret.com


Saat mendengar kata kuah lakso, pikiran saya langsung terbayang Mie Sedap Laksa Singapura wkwk. Kuah yang kental, gurih, pedas, wah cocok nih dimakan saat Bandung lagi panas-panasnya. Ternyata kuah lakso Bangka berbeda sekali dengan kuah lakso Singapura. Kuah lakso Bangka berwarna kuning kental bersantan dan gurih karena berbahan dasar ikan tenggiri yang digiling. Ikan tenggiri khas kota Bangka. 

Tampilan lengkap Lakso Bangka
Sumber gambar : cookpad.com/irmarays


Hmm sebagai kelahiran sunda asli dan bukan penyuka ikan, jujur saya kurang begitu cocok dengan rasa Lakso Bangka hehe. Perpaduan kuah, santan dan ikan rasanya kurang pas di lidah saya. Ketika kerabat yang lain menambah porsi untuk lakso Bangka ini, saya cukup senyum-senyum saja menghabiskan satu posi lakso Bangka :p Tapi alhamdulillah jadi bertambah hasanah makanan khas kota asal keluarga suami. 

Silaturahmi Keluarga Suami Asal Bangka


Asal Usul Lakso


Lakso selain menjadi makanan khas kota Bangka, ternyata makanan lakso ini juga menjadi makanan khas kota Palembang. Keduanya memiliki komponen yang sama, adonan mie dan kuah ikan yang kental. Bedanya kota Bangka biasa memakai bahan dasar ikan tenggiri sedangkan kota Palembang memakai bahan dasar ikan gabus. Tekstur kedua ikan sangat lembut dan mudah digiling.

Selain di Indonesia, makanan lakso/laksa juga ada di Singapura/Malaysia tentu dengan rasa, isian dan ciri khas masing-masing. Laksa merupakan hidangan yang berasal dari perpaduan budaya Melayu dan Tionghoa. Kata laksa berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya banyak. Jika dilihat dari hidangan makanan sangat wajar makanannya dinamakan laksa karena terdiri dari banyak bahan baku, bumbu dan isian.

Btw mungkin Lakso Bangka/Palembang kurang begitu terkenal dibanding laksa Singapore (?), sampai-sampai Wingsfood lebih memilih memproduksi Mie Sedap Laksa Singapore dibanding makanan khas Indonesia sendiri hehe. Tapi untuk penyuka ikan, wajib banget dicoba mie lakso Bangka ini ya. 

7 komentar:

  1. Kosa kata laksa di benak saya cuma 1: masakan serupa soto berkuah kuning dengan lontong, yang kadang saya beli dari pujasera dekat rumah untuk sarapan. Lontong laksa katanya. Entah masakan khas dari mana, tapi rasanya enak juga. Dan ini sih pakai ayam, bukan ikan. (Berarti bukan lakso Bangka ataupun Singapura ya). Alhamdulillah... bertambah lagi pengetahuan tentang kuliner Indonesia.

    BalasHapus
  2. Wah Mamah Yuliiii. Terimakasih informasinya ya. Saya baru tahu makanan Lakso Bangka ini. Selama ini memang belum pernah kulineran khas Bangka, pun belum pernah juga berkunjung ke sana. Malah kirain makanan khas Bangka itu Martabak Bangka yang tersebar di seantero Bandung :D

    Meskipun rasanya tidak masuk di selera lidah Yuli, tetapi jadi bertambah wawasan ya mengenai perkulineran Indonesia. :)

    BalasHapus
  3. Sama seperti teh Yuli dan mamah2 lainnya, saya juga baru tau nih, Lakso Bangka. Nggak pedas ya teh? Pengen nyobain, karena saya suka ikan2an. Kayaknya enak dimakan panas2, apalagi saat ini di sini mendung gini... Eh? Hehehehe... 😋

    BalasHapus
  4. Wah, seumur-umur makan laksa baru pernah yang mie sedap itu.hahahahahaha (malu). Kapan-kapan kalau ada kesempatan ke bangka bisa nih coba Lakso

    BalasHapus
  5. waaahhh ... ini sama gak ya dengan yang di Belitung? eh Bangka seberang pulau kan ya ...

    BalasHapus
  6. Wah kosakata baru nih dalam khasanah makanan yang aku tahu hehe. Belum pernah coba tapi kayaknya enak

    BalasHapus
  7. Aku positif membayangkan dia rasanya kayak putu mayang dan maunya makan pakai kuah gula dan santan hihihi. *suka bgt putu mayang*

    Memang pasti ada irisan budaya dan makanan juga ya antara kita dan negara2 tetangga.

    Nicely written teh. Makasih yaa

    BalasHapus