Sabtu, 05 Maret 2016

SINGAPORE DAY 2 - GARDENS BY THE BAY

Setelah sebelumnya saya cerita pengalaman ke Marina Bay Sands, Orchard, dan Merlion disini dan pengalaman ke S.E.A Aquarium disini, sekarang lanjut lagi cerita pengalaman di Garden By The Bay yaah.

Yuk!

Ketika pertama kali sampai di Garden By The Bay kita akan disambut oleh replika pohon yang tinggiii sekali. Replika pohon ini disebut Supertree. Tinggi supertree ini bervariari antara 25-50 m. Supertree ini bukan pohon asli ya! Struktur utama supertree itu beton bertulang yang dilapisi oleh struktur baja, tanaman yang nempel di supertree ini juga nempel pada planting panel yang nempel pada baja si supertree (hihi dasar anak Teknik Sipil). Bagian atas supertree ini, yang kaya payung terbalik, disebut dengan kanopi. Ternyata di kanopi atas supertree ini ada panel yang berfungsi sebagai solar energy. Kereen!

Mandatory Foto 
Supertree
 Setelah puas foto-foto dengan supertree ini, tempat selanjutnya yang kami kunjungi adalah Flower dome. Flower dome ini adalah rumah kaca tempat konservatori tumbuhan. Buat yang suka sama tumbuhan pasti suka banget ada disini. Flower dome sendiri meniru iklim dingin-kering nya Mediterania seperti di Afrika selatan, California dan beberapa daerah Eropa seperti Italy dan Spanyol. Makanya pertama kali masuk ke dalam flower dome itu adeeeem banget. Walaupun flower dome ini gede banget luasnya sampai 1,2 Ha, tapi setiap sudut tempat tetep kerasa sejuk dan pemandangan bunga-bunga indah nan menenangkan hati. Hehe

isi flower dome dari atas
Cantik bangeeeeeet
bunga dimana-dimanaaa
kalau yang ini bunga desa dari Bandung :p
Hehe. setelah puas keliling flower dome selanjutnya kami masuk ke area Cloud Forest. Berbeda dengan Flower dome yang diisi oleh berbagai macam bunga, cloud forest lebih menonjolkan sisi hutan, gunung, dan air terjun yang tentunya semuanya buatan. hehehe. Jadi di dalam cloud forest kita dapat menemukan "gunung" setinggi 35 m yang dikelilingi oleh vegetasi tumbuhan. Kita juga dapat berkeliling dengan mengikuti jalur yang dibuat melingkar mengelilingi hutan sampai puncak "gunung" itu. Buat yang berkebutuhan khusus di dalam bangunan "gunung" ini juga disediakan lift, jadi gausah cape-cape jalan mengitari hutan. Dan disetiap lantai gunung ini juga ada exhibition yang berbeda tema setiap lantainya, ada yang menjelaskan tentang atmosfer bumi, stalagtit, stalagmit, dll. Edukatif pokoknya. Salut!

Air terjuunn
Jalan untuk mengelilingi hutan
Say Cheese :D
Stalagtit dan stalagmit (yang asli di Indonesia lebih banyak :p)
Ini lego loh. cool!

Mungkin sekian dulu yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat yaaa dan sampai ketemu di tulisan selanjutnya!

xoxo


*photo credit : Bagus Reza, Aditya Janu, Cahyo Heru


Tidak ada komentar:

Posting Komentar