Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kamis, 18 Februari 2021

Perjalanan Ngeblog dan Kembali Menulis

Dari semenjak kuliah saya itu senang blogwalking dan sangat kagum sama Blogger. Keren banget lah Blogger, tulisannya bermanfaat buat orang banyak plus bisa dapet penghasilan pula dari blog.

Saat masa-masa persiapan nikah, kehamilan, dan menyusui pun saya sangat menikmati cerita orang-orang di blog karena feel-nya lebih kerasa dibanding harus baca pengalaman singkat di Instagram atau nonton video Youtube. Harapannya tulisan-tulisan saya di blog juga bisa bermanfaat untuk orang banyak hehe. Aamiin


Awal Mula Ngeblog

Blog ini berdiri di tahun 2014. Dulu saya kerja di bandara dan sering dinas ke luar kota untuk ngawasin pembangunan bandara. Jadi isi blog ini di awal-awal lebih ke review jalan-jalan ke tempat baru/ kota yang baru dikunjungi hehe.

Setelah menikah blog ini diisi review vendor nikah, pengalaman kehidupan sehari-hari, juga pengalaman berbisnis. Ternyata dimulai dari review vendor nikahan lah yang membuat pageview blog ini mulai merangkak naik. 

Alhamdulillah saat pageview sudah mulai stabil akhirnya saya memberanikan diri daftar KEB (Kumpulan Emak Blogger). Tujuan utama gabung KEB biar bisa pasang badge KEB di blog hehehe (alasan macam apa). Selain itu agar bisa tahu sedikit tentang Blogger dan termotivasi rajin nulis.


Proyek Nulis dengan Suami

Tahun 2016 suami resign dan memulai untuk full time bisnis. Sambil menjalankan usaha, beliau membuat website http://apaitu.web.id/. Web ini berisi kamus istilah-istilah dan saya pun diminta suami buat berbarengan cari bahan untuk website tersebut.

Masih ingat perjuangan cari glosarium buku-buku, dibaca, lalu ditulis ulang di website wkwk. Harapannya di jangka panjang bisa punya pendapatan Adsense dari website.

Tahun 2017 giliran saya yang resign dan gabung full time bisnis dengan suami. Saya pun dapat proyek baru dari suami untuk bersama-sama nulis artikel di blog.bajuyuli.com. Blog tersebut berisi tulisan yang berkaitan dengan parenting, marketplace, dan bisnis kami Bajuyuli :)

Tahun 2018 suami buat lagi blog baru khusus tutorial marketplace dan aplikasi milenial. Tapi kali ini saya gak diminta buat nulis lagi di blog yang baru, karena alhamdulillah kami sudah bisa rekrut karyawan untuk mengisi tulisan di blog tersebut. 

Perjalanan membangun beberapa blog untuk komersial ini memang panjaaaang. Alhamdulillah sekarang sudah membuahkan hasil. Walaupun sedikit demi sedikit, kami sudah bisa dapat penghasilan dari Adsense hehe.


Tidak Konsisten Nulis di Blog

Konsisten itu berat, sungguh. 

Sebenernya saya punya keinginan untuk bisa konsisten nulis di blog pribadi ini minimal sebulan sekali. Tapi selalu adaaa aja malesnya wkwk. Di tahun 2020 sempat saya konsisten nulis minimal sebulan sekali tapi di akhir tahun mulai goyah haha. 

Makanya salut banget dengan orang yang bisa konsisten nulis di blog. Salah satu panutan saya adalah suami saya sendiri. Beliau sudah bisa konsisten nulis setiap hari di blognya, https://www.garoblogz.com/ dan saya juga mendapatkan banyak ilmu utamanya soal berbisnis dari beliau. 

Ketika masih mengerjakan proyek blog bersama, suami saya juga yang selalu mengingatkan agar saya segera menyelesaikan deadline nulis hehehe. Tapi ya namanya ibu-ibu ya kaaan banyak prioritasnya, terutama anak. Ngeles :p


Mamah Gajah Ngeblog



Bulan Februari 2021 ada angin segar datang dari komunitas tercinta ITBMotherhood (komunitas perempuan/ibu-ibu lulusan ITB). Tiba-tiba ada info kalau di ITBMH punya subgroup Mamah Gajah Ngeblog dan mengadakan blogging challenge. Tantangannya setor tulisan satu bulan sekali dengan tema yang sudah ditentukan dan berkomentar di blog yang lain. 

Akhirnya saya coba gabung subgroup Mamah Gajah Ngeblog, tujuannya ya semoga bisa konsisten nulis lagi minimal sebulan sekali sesuai dengan keinginan saya dulu dan semoga tulisannya juga bermanfaat hehehe. Tulisan ini juga salah satu setoran tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog. Bismillah doakan semoga istiqamah ya. 


Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” 

(HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).


Sertifikat Artikel 10 Besar Terbaik


37 komentar:

  1. Salam kenal Teteh, saya Laksita dari grup Mamah Gajah Ngeblog juga. Ternyata pengalaman ngeblognya udah banyak yaa Teh, sampe udah bisa dapet penghasilan dari blog. Semoga bisa konsisten juga nulis di blog pribadi ini ya Teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga teh Laksita. Suami sebenernya yang lebih pengalaman mah. Saya tim hore dan pendukung aja wkwkwk. Aaamiin yuk semangat ❤️

      Hapus
  2. Salam Kenal Teh, saya Rini FA05. Perjalanan panjang ya teh, untuk nulis di blog. Tapi keren banget udah macem-macem tulisan di blognya. Semoga makin semangat nulis teeh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulisan macem-macem tapi masih semaunya tehh wehehe. Harus belajar banyak lagi ya soal gaya penulisan, tata bahasa, SEO dlsb. Yuk semangat.

      Hapus
  3. Hai teh Yuli, saya Meita Interior '02. Saya gantian berkunjung ya ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa teh Meita ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ™

      Hapus
  4. Masya Allah hehe ๐Ÿฅฐ aku suka merhatiin loh produk Bajuyuli tuh. kalau aku ada anak cewek, bisa jadi beli gamis anaknya :) keren banget, produktif ya teh Yuli. Mari konsisten bersama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah masya Allah makasih tehh. Ada juga loh produk anak laki-lakinya *jadi promosi :D produktif gara-gara butuh teh hahaha, ayoo teh ditunggu sharing ilmu bloggingnya

      Hapus
  5. Halo teteh.. keren banget perjalanan ngeblog nya. Haha... Ku masih belajar buat konsisten. Emang susah ya. Hayuk saling menyemangati๐Ÿ’ช

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa susah teh wkwk kebanyakan malesnya duh. Ayo2 semangat :D

      Hapus
  6. teh yuli dan kang otek panutanque dalam membangun bisnis, keren banget teeeh baju yuli bisa segede sekarang setelah teteh dan akang fulltime.. (lha komennya gak nyambung?)
    tp sungguh teh, tulisan teteh yg vendor itu berguna banget!
    aku salah satu pengunjungnya di tahun 2017, semangat terus teteh!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah Fuuuuur nuhuun neng. Sungguh full time adalah KOENCI wkwk. Beneran fokus dan serius mikirnnya. Karena kalau ga dipikirin mau makan apa wkwk. Fury lg bisnis juga kan? Bisnis apa aja? Semangat juga ya Fur bisnisnya :D

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Wah..aku pun pelanggan baju yuli di shopee hehe. Salam kenal ya teh saya Ayu GD 04, sering2 sharing ya teh apalagi tentang dunia bisnisnya :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah jazakillah khoyr teh Ayuu, salam kenal. Siapp teh insya Allah :)

      Hapus
  9. Masya Allah, kereeennn... Semoga semangatnya nular ke banyak orang, termasuk sayah!... Hehehehe... Salam kenal... ๐Ÿค—

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal teh Alfii, ayoo semangat jugaa ๐Ÿค—

      Hapus
  10. Hallo teh, saya Restu TI 04. Sama kita teh selalu kagum sama yang konsisten nulis setiah hari. Plus saya mah juga kagum sama orang orang yang konsisten membangun bisnis heuheu. Bakat hanya jadi pegawai saya mah haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiiii sebenernya yang bakat bisnis suami teh, awal2 resign juga agak kaget wkwk. Tp insya Allah lama2 terbiasa, malah makin tertantang. Ayoo kita semangat nulis๐Ÿ˜Š

      Hapus
  11. salam kenal teh..masyaallah keren banget blog & bisnisnya. mudah2an saya ketularan kerennya, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teteh juga kerenn blognya, masya Allah. Blog pribadi mah kebayakan curhat wkwk. Nuhun tehh

      Hapus
  12. Aamiin allahumma aaamiin. Semoga kita makin konsisten ngeblog yaa teteh.

    BalasHapus
  13. ayo mbak, jangan mau kalah sama suami untuk menulis di blog setiap hari. Pasti bisaa, kan katanya perempuan lebih banyak ngomong setiap harinya, hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tehh, siap dimulai konsisten ikut tantangan MGN dulu :D Semoga bisa makin upgrade hihi. Makasi tehh sudah mampir

      Hapus
  14. Perjalanan ngeblog Yuli udah panjang juga ya. Ini sekaligus menambah panjang daftar temanku yang ngeblog bareng suami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ngikut suami aja ibuu soal ngeblog wehehe. Waaah masya Allah memang udah banyak ya yg suami istri ngeblog, jadi makin semangat :) Makasih udah mampir ibu :D

      Hapus
  15. Salam kenal Yuli.
    Tulisan mu bagus. Blognya sudah bagus juga. Apalagi ada pasangan yang sama-sama suka menulis.
    Luar biasa.
    Alhamdulillah.
    Tentunya bisa berbagi ilmu ya.
    Salam untuk keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah salam kenal kembali bu Rochma, nuhun ibu :) Ditunggu sharing-sharingnya juga Bu :)

      Hapus
  16. Teh, keren banget perjalanan ngeblognya udah banyaaak. Saya juga ikut blogger perempuan tapi gaberani nampilin badge di blog, da saya mah apa atuh *tutup muka*. Salam kenal teh saya gesti PL10

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal teh Gestii, saya juga sok2an aja nampilin badgenya teh ๐Ÿ™ˆ biar makin semangat. Makasih udah mampir ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  17. Salam kenal teh :)
    Wah keren udah ada penghasilan dari adsense juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah tehhh sedikit demi sedikit hehehe. Salam kenal teh Nathalia :)

      Hapus
  18. Teh Yuli, ninggalin jejak di sini aaah...

    Salam semangat ~.~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuhuuunn Lies, singer Bantim :) Semangat tehh nuhun udah berkunjung :)

      Hapus
  19. Halo teh Yuli salam kenal.. saya pernah beberapa kali beli produk bajuyuli.. hehe

    Master nih dalam bidang tulis menulis.. saya berati belum ada apa2nya dalam hal menulis.. apalagi soal konsisten.. nuhun teh inspirasinyaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah nuhun tehh semoga suka dengan produk Bajuyuli. Sesungguhnya saya juga ga ada apa-apanya teh nulis, suami yg paham dan ngerti. Saya cuma kontributor yang masih sesuka hati nulisnya wkwkwk

      Hapus