Rabu, 03 Maret 2021

Pengalaman Jadi Youtubers dan Monetize Akun Youtube

Bismillah. Alhamdulillah saya dan suami sekarang ini sudah punya 3 channel Youtube yang sudah berhasil dimonetize. Perjuangan monetize Youtube ini panjang sekali dan alhamdulillah ternyata penghasilan yang didapat juga lumayan banget. hehe

Sebenarnya yang ngerti banget soal Youtube ini suami, karena memang beliau yang terjun langsung. Tapi kali ini saya mau sedikit sharing apa yang saya tahu soal monetize Youtube yaa, semoga bermanfaat :)

Dapat Uang dari Youtube


Zaman sekarang dapat uang itu bisa darimana aja, salah satunya dari konten Youtube. Uang yang didapat dari monetize Youtube itu berasal dari iklan yang ditayangkan di konten kita. Semakin banyak view konten kita, semakin banyak iklan yang ditayangkan, semakin besar penghasilan yang didapat. Iklan tersebut terpasang melalui partnership dengan Google Adsense. 

Channel Youtube


Channel Pertama

Perjalananan membangun akun Youtube dimulai pada Februari 2017. Akun Youtube pertama yang dibuat adalah channel Youtube Bajuyuli. Channel ini berisi branding bisnis kami, Bajuyuli, yang isinya seputar reviu produk, edukasi mengaji, doa-doa, video entertain, dll. 


Konten Youtube Bajuyuli dibuat oleh tim Bajuyuli yang memang punya skill conceptual, photography dan editing sehingga visual konten Youtube Bajuyuli sangat bagus sekali. Walaupun kontennya sangat bagus, ternyata pertumbuhan views tidak sebegitu signifikan. Sehingga penghasilan yang didapat pun hanya segitu-gitu saja, tidak sebanding dengan biaya produksi konten. 

Channel Bajuyuli : 980 Video dan 2,4 juta view


Channel Kedua

Tahun 2018 suami merekrut 2 orang penulis di Bajuyuli. Jobdesk utamanya adalah membuat tulisan di beberapa blog, salah satunya  https://blog.bajuyuli.com/. Karena blog Bajuyuli banyak berisi tentang tutorial di Marketplace, akhirnya dibuat juga video tutorial marketplace dan diupload pada channel baru  Youtube Tutorial Milenial. Channel Youtube ini berisi tentang tutorial marketplace, tutorial aplikasi, tutorial komputer, dlsb

Baca Juga : Perjalanan Ngeblog

Pembuatan konten Youtube Tutorial Milenial tidak begitu ribet. Hanya dibutuhkan aplikasi screen recorder, durasi pembuatan video 5-10 menit, dan less editing. Karena konten channel Youtube Tutorial Milenial adalah konten evergreen, konten tahan lama dan banyak yang cari, ternyata pertumbuhan view channel ini sangat pesat. Penghasilan yang didapat juga jauh paling besar dibanding channel sebelumnya. 

Akhirnya suami memutuskan untuk mengisi channel ini dengan konten sebanyak-banyaknya. Walaupun pendapatan tiap konten sedikit-sedikit, tapi kalau kontennya banyak juga jadi bukit :D

Youtube Tutorial Milenial : 4000 video dan 9 jt view



Channel Ketiga

Channel Youtube yang ketiga adalah channel Youtube Review Milenial, Channel ini baru berdiri di Juli 2019. Berisi konten reviu barang, alat elektronik, peralatan rumah tangga, tutorial milenial, dll. Walaupun masih baru, harapannya channel Youtube Review Milenial ini bisa mengimbangi pendapatan Channel Youtube Tutorial Milenial. Mohon doanya ya. 



Youtube Review Milenial : 897 video dan 400rb view



Syarat Monetize Youtube


Syarat channel Youtube agar bisa dimonetize adalah 1000 subscribers DAN 4000 watch hours/ jam tayang. Kedua syarat ini harus dipenuhi ya, jika hanya salah satu syarat terpenuhi akun tidak bisa dimonetize. Pengalaman kami dari 3 channel youtube, masing-masing channel membutuhkan waktu 1-1,5 tahun untuk mencapai kedua syarat itu. PERIH banget kaaan. 

Sebenarnya waktu untuk mencapai kedua syarat monetize ini bisa lebih cepat, tergantung dari konten Youtube masing-masing. Karena konten youtube kami nichenya bukan entertain, mungkin butuh waktu lama agar bisa mencapai waktu tersebut. Tapi ada juga youtubers lain yang berhasil mencapai dua syarat tersebut dalam waktu singkat hehe.

Setelah channel Youtube kita sudah memenuhi kedua syarat, maka Youtube otomatis akan mereviu akun Youtube kita untuk approval. Approval monetize masing-masing channel juga bervariasi waktunya, sekitar 2-3 bulan. 

Ketika kedua syarat monetize sudah terpenuhi dan sudah ada approval dari pihak Youtube, maka tinggal tunggu pundi-pundi uang datang hehehe. Oia uang dari Adsense ini baru bisa cair setelah pendapatan kita mencapai $100, kalau belum mencapai $100 maka akan diakumulasikan terus menerus hingga mencapai $100. *Perih lagi*

Jika pendapatan sudah mencapai $100, Youtube akan mengirimkan Personal Identification Number (PIN) melalui POS ke alamat kita, tujuannya untuk verifikasi alamat terdaftar dan dana baru bisa dicairkan. 


Passive Income


Harapan suami ketika membangun channel Youtube ini agar penghasilan Adsense bisa menjadi passive income keluarga kami.  Kenapa menjadi passive income? Karena penghasilan dari Youtube ini STABIL sekali, asalkan konten yang kita buat itu konten evergreen, konten tahan lama, bukan viral sesaat. 

Menurut pak suami pendapatan adsense tidak akan turun dari waktu ke waktu. Sebagai bayangan, misal jika dalam 2 tahun kedepan kami tidak buat konten sama sekali, insya Allah kami tetap dapat penghasilan dari Youtube yang aktif. Luar biasa.

Alhamdulillah perjuangan membangun channel ini membuahkan hasil. Saat ini, kami sudah bisa mendapatkan penghasilan rutin tiap bulan sampai dua digit dari ketiga channel Youtube. Masya Allah. Walaupun sebenenarnya belum BEP tapi insya Allah kedepannya bisa makin berkembang dan tujuan passive income pun bisa dicapai :)


Konsistensi


Jadi youtubers itu memang berat, kita harus sabar. Kita juga harus mengerti syarat dan ketentuan konten Youtube, jangan sampai channel Youtube kita kena peringatan (strikes) hingga channel dihapus oleh Youtube.  Akun Youtube Tutorial Milenial juga pernah dihapus oleh Youtube karena ada konten dianggap melanggar policy.  *Cry* Tapi alhamdulillah setelah mengajukan banding, akun kami dikembalikan karena dugaan tidak terbukti dan kami lebih berhati-hati lagi. 

Selain itu juga kita harus kreatif dan konsisten buat konten. Sebagai perbandingan, tim saya itu membuat konten setiap hari kerja. Suami dan saya, sebagai kontributor, juga membuat konten video tiap hari hehe. Insya Allah konsistensi yang baik juga menghasilkan hasil yang baik pula. Karena ga ada keberhasilan datang dengan instant.

Jadi jangan patah semangat ya. Semoga Allah mudahkan jalan kita semua jika berminat jadi youtubers. Aamiin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar