Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Jumat, 21 Mei 2021

Review Tempat Wisata Nuansa Islami Elmaki Al Masoem Lembang

Bagi teman-teman yang tinggal di Bandung pasti familiar dengan Almasoem. Saya pribadi tahu Almasoem saat melewati daerah Bandung Timur menuju Garut. Al Masoem perusahaan yang sukses dan punya banyak usaha mulai dari SPBU, air mineral, pendidikan, apotek, kolam renang, dan kali ini saya mau bahas tempat wisata Emaki Al Masoem. Masya Allah semoga kedepannya Bajuyuli juga bisa sukses seperti Al Masoem ya aamiin ^^




Emaki Almasoem Lembang ini berdiri di tahun 2020. Tempatnya bersih dan sangat terawat. Karena masih baru, pengunjungnya belum terlalu banyak, jadi cocok banget untuk destinasi wisata di tengah pandemi. Lokasinya juga di tengah kota Lembang, patokannya dari SMPN 1 Lembang nanti ke kiri arah Tangkuban Parahu, tidak jauh dari situ ada Emaki Al Masoem. Di dalam tempat wisata ada penginapan, kebun binatang mini, sky walk, playground, restaurant, mesjid, dan tempat panahan.


Harga Tiket Masuk


Harga tiket masuk masih sangat terjangkau dan saat bayar tiket juga kita dikasih botol air minum Al Masoem sejumlah tiket yang dibeli. Harga tiket Weekday 10rb/orang & Weekend 15rb/orang. HTM berlaku untuk dewasa dan anak usia di atas 2 tahun. Biaya parkir mobil 10rb/mobil. Jam operasional Senin - Ahad 08.00 - 18.00 WIB.

Di kebun binatang mini pengunjung bisa memberi makan hewan-hewan. Untuk pakan hewan biayanya terpisah ya. Harga pakan  masih sangat terjangkau 10rb/bungkus. Pakan rusa+ kelinci, pakan burung, dan pakan ikan. Ada juga biaya sewa sepeda anak 10rb/jam.


Sky Walk


Wisata utama Emaki Al Masoem ini sky walk yang mengelilingi tempat wisata. Pemandangannya bagus banget buat yang suka selfie hehe. Di sepanjang sky walk juga ada bacaan Asmaul Husna. Sebagai orang tua kita bisa membacakan bacaan Asmaul Husna kepada anak dan juga membacakan artinya. Wisata islami dan juga bisa menambah pengetahuan anak :D




Mesjid Emaki Al Masoem


Di dalam sky walk juga ada Mesjid yang besar. Waaah ini nih tempat wisata yang dicari suami. Biasanya kalau ke tempat wisata, tempat sholat yang tersedia hanya mushola yang kecil. Jika ingin ke Mesjid harus cari di luar lokasi wisata, di Emaki Almasoem ini kita gak perlu keluar lokasi wisata jika ingin sholat di mesjid. 

Interior mesjid terbuat dari kayu jadi adeeem, mesjidnya juga luas. Tempat wudhu terpisah antara ikhwan dan akhwat, di dalam tempat wudhu juga ada toilet masing-masing. Di lantai masjid  terdapat tanda untuk menjaga jagak saat sholat. 



Kebun Binatang Mini


Di Emaki Almasoem juga ada kebun binatang mini. Binatang-binatangnya cukup banyak, anak-anak puas banget ngasih makan binatang-binatang. Ada rusa, ikan, angsa, burung, burung unta, kelinci, ayam, dan beberapa hewan lainnya. Kandang hewan bersih dan terawat.


Lapangan Terbuka Hijau


Ini tempat favorit anak-anak. Tempatnya luas dan udara juga seger. Anak-anak bisa sewa sepeda dengan tarif 10rb/jam. Rata-rata sepeda yang disewakan untuk balita dan anak sampai usia 8th. Untuk orang tua yang menunggu ada gazebo di pinggir lapangan.




Play Ground


Di Emaki Almasoem juga ada playgroundnya. Karena masih pandemi jadi saya belum berani kasih anak main playground hehe. Tapi banyak juga kok anak-anak yang main di playground. Rajin-rajin pakai handsanitizer atau cuci tangan setelah bermain ya. 


Panahan


Panahan salah satu jenis olahraga sesuai hadist rasul. Makanya di judul blog ini saya tulis Elmaki Almasoem termasuk wisata islami hehe. Harga panahan 20rb/10 panah. Di tempat menunggu panahan juga ada TV yang memutar video Mekah. 


"Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim).

”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim)


 



Tempat Penginapan


Untuk penginapan bisa booking juga di Traveloka ya, Emaki Almasoem Resort. Ratenya sekitar 500rb-an/malam. Kalau ada rezeki next semoga bisa sekalian nginep juga disini :)




Restaurant


Di dalam restaurant ada jam shalat yang akan bunyi ketika waktunya shalat. Harga makanannya cukup murah dan rasanya juga enak. Pricelist restaurant bisa cek gambar di bawah ya. Kekurangan restaurant waitersnya hanya 1 orang. Kalau penuh mungkin akan kewalahan. Waktu itu saya dan keluarga paling pertama makan di restaurant jadi pelayanannya cukup cepat. 






Penutup


Overall puas banget wisata di Emaki Almasoem. Harga murah, bersih, lokasi terjangkau dan masih belum banyak pengunjung. Selain itu tempat ini cocok banget dengan keluarga saya karena ada mesjidnya besar dan bernuansa islami. Semoga ada kesempatan bisa main kesini lagi.

Kekurangannya :
- Jumlah petugas sedikit
- Tempat cuci tangan kurang banyak, hanya ada satu di pintu masuk sky walk
- Tempat parkir kurang luas

Semoga infonya bermanfaat ya. 


Pesantren Emaki Almasoem
Jl. Sukasenang, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
+62 812-1417-7061
IG : emaki.almasoem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar